Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kementerian Berkolaborasi Mengembalikan Situ yang 'Menghilang'

Kompas.com - 10/10/2017, 16:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tiga kementerian menandatangani nota kerja sama dalam menangani persoalan menyusutnya air di situ, danau, embung dan waduk (SDEW) dari waktu ke waktu.

Penandatanganan yang dilakukan di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, melibatkan Kementerian PUPR, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) serta Kementerian Dalam Negeri.

"Persoalan di lapangan terkait SDEW adalah nyata. Jumlah SDEW terus menyusut, baik dari jumlah maupun masanya," kata Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kementerian ATR, Wisnubroto Sarosa di Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (10/10/2017).

Menurut dia, perlindungan dan optimalisasi fungsi SDEW memerlukan kerja sama komprehensif lintas instansi. Hal ini guna mengembalikan fungsi SDEW bagi kepentingan publik.

Sementara itu, Menteri ATR Sofyan Djalil mencontohkan, hilangnya situ di DKI Jakarta sudah cukup mengkhawatirkan. Padahal, keberadaan situ cukup penting, terutama dalam kegiatan konservasi sumber daya air.

"Di Jakarta danau atau situ yang telah dinyatakan hilang ada 23. Dan untuk mengembalikan itu sesuatu yang impossible barang kali," kata Sofyan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, untuk dapat mengembalikan fungsi dan peran SDEW, dibutuhkan kesadaran masyarakat.

Selama ini, masyarakat hanya merasa bahwa SDEW adalah milik bersama yang dapat dimanfaatkan bersama-sama.

"Semua orang merasa memiliki tapi semua orang tidak merasa bertanggung jawab untuk memelihara. Semua merasa berhak memanfaatkan tapi tidak mau memelihara," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com