"South Hills", Apartemen Serba Eropa untuk Generasi Muda

Kompas.com - 10/10/2017, 13:40 WIB
South Hills Dokumentasi KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Kuningan PropertiSouth Hills
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pasar properti, khususnya apartemen, belum bisa dikatakan membaik. Seluruh indikator yang selama ini dijadikan acuan pergerakan pasar, seperti tingkat serapan atau penjualan, dan harga tidak benar-benar beranjak dari titik terendah. 

Hal itu tecermin dari riset Colliers International Indonesia yang menunjukkan kenaikan harga pada Triwulan III-2017 hanya 1 persen. Sementara secara tahunan tak lebih dari 4,6 persen menjadi rata-rata Rp 32,7 juta per meter persegi.

Stagnannya pertumbuhan harga ini, menurut Menurut Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto, karena penjualan juga sedang lesu. Dan ini sudah lama terjadi.

Tahun-tahun sebelumnya, kata Ferry, kenaikan harga bisa mencapai 10 sampai 15 persen, sekarang kurang dari 5 persen.

Dari total pasokan apartemen baru sebanyak 15.277 unit, terserap 85,6 persen. Padahal, jumlah pasokan ini jauh lebih rendah ketimbang proyeksi Colliers pada awal tahun sekitar 21.167 unit.

"Kondisi ini, membuat investor menahan uangnya. Sementara bagi pembeli end user, kesulitan untuk membeli karena terbentur tingginya uang muka atau down payment (DP) dan cicilan per bulan," kata Ferry.

Namun demikian, tidak semua pengembang mengalami paceklik penjualan. Seperti diakui Ferry, ada beberapa pengembang yang menuai penjualan signifikan. Tetapi lebih banyak lagi yang mengalami penurunan.

Di antara yang mencatat penjualan maksimal adalah South Hills, di Jl Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan.

Proyek apartemen yang merupakan hasil kolaborasi usaha (KSO) Duta Regency Karunia Metropolitan Kuningan Properti ini sudah terjual 70 persen dari total 597 unit yang dipasarkan sejak 2016.

Komite Manajemen KSO Duta Regency Karunia Metropolitan Kuningan Properti Nicholas Tan menuturkan, hanya dalam kurun setahun proyek apartemen ini disambut antuasias pasar yang separuhnya merupakan pengguna akhir atau end user dan sisanya investor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X