Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Jragung Segera Dirancang

Kompas.com - 07/10/2017, 11:48 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah berencana membangun Bendungan Jragung di Dusun Kedungglatik, Desa Candirejo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Manfaat dari pembangunan bendungan tersebut yakni untuk mengurangi potensi banjir di kawasan Demak-Semarang.

Penandatanganan kontrak jasa konsultasi pekerjaan desain bendungan dilakukan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pusat Bendungan Bob Arthur Lambogia dengan General Manager Engineering Division I PT Indra Karya Persero Gagah Guntur Aribowo di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (6/10/2017). 

Kontrak desain bendungan ini merupakan yang pertama kali didanai dari ADB dengan kontrak multiyears senilai Rp 24 miliar. 

"Kami berharap ADB juga bisa ikut mendanai tahap konstruksi bendungan tersebut. Saat masuk tahap konstruksi baru bisa dilakukan pembebasan tanah termasuk menentukan luas genangan dan daya tampung bendungannya," kata Kepala Pusat Bendungan Ditjen SDA PUPR Ni Made Sumiarsih dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (7/10/2017).

Selain mengurangi potensi banjir, bendungan itu akan dimanfaatkan untuk menunjang pemenuhan air baku bagi rumah tangga, irigasi, serta pembangkit listrik.

Bendungan ini, nantinya dikelilingi dua sungai besar, yakni Sungai Jragung dan Sungai Klampok, serta hutan milik Perhutani.

Sumiarsih menjelaskan, pembangunan bendungan baru masuk tahap desain, PT. Indra Karya akan melakukan desain bendungan dalam waktu 18 bulan. 

Ia berharap, pada tahun 2019 sudah bisa rampung dan dilanjutkan dengan tahap konstruksi. 

Estimasi kebutuhan dana pembebasan tanah di sekitar Bendungan Jragung sekitar Rp 2,3 miliar.

"Anggaran itu juga sudah disetujui oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang bertugas melakukan pendanaan pengadaan tanah untuk Proyek Strategis Nasional (PSN),” kata dia.

Senior Procurement Officer ADB Olga Suryatmo mengaku, cukup senang dapat terlibat dalam salah satu program prioritas nasional pemerintah.

Untuk diketahui, Bendungan Jragung yang hendak dibangun merupakan salah diantara 49 bendungan yang akan dibangun di era Presiden Jokowi.

Sementara itu, Direktur I PT Indra Karya Persero Milfan Rantawi menyatakan, akan menyiapkan konsultan ahli untuk dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut agar tepat mutu, tepat waktu, tepat biaya dan juga memperhatikan faktor keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com