Kompas.com - 06/10/2017, 09:51 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

LEBAK, KompasProperti - Laju penurunan tanah di Jakarta, khususnya di wilayah Jakarta Utara setiap tahun cukup memprihatinkan, yakni antara 5 sentimeter hingga 12 sentimeter.

Bila terus didiamkan, penurunan itu dapat mencapai 1,2 meter dalam kurun waktu satu dekade ke depan.

Ada beberapa faktor yang melandasi terjadinya penurunan permukaan tanah. Pertama, laju urbanisasi di Jakarta tinggi sehingga warga membutuhkan ruang-ruang tempat tinggal baru. Pemanfaatan ruang wilayah pun terus meningkat dan tanpa kendali.

Akibatnya, beban daratan Jakarta kian berat dan berdampak terhadap kerusakan lingkungan dan timbulnya bencana.

Selain itu, pengambilan air tanah yang masif turut berpengaruh terhadap peningkatan laju penurunan tanah.

Langkah yang tengah dilakukan pemerintah dalam mengendalikan laju penurunan tanah yakni dengan menyediakan pasokan air baku yang cukup bagi masyarakat melalui Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Banten. 

“Selama ini Jakarta kan hanya disuplai dari Jatiluhur tok, sehingga sangat rentan. Kalau Citarum barat itu ambrol, pasti Jakarta kering,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan Bendungan Karian, Rabu (4/10/2017).

Bendungan Karian merupakan salah  proyek strategis nasional yang tertuang di dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Bendungan seluas 2.170 hektar dengan daya tampung mencapai 314,7 juta mete kubik itu, nantinya akan mampu memasok sumber air baku bagi warga DKI Jakarta dan Banten hingga 9,1 meter kubik/detik.

Dengan adanya pasokan air baku tambahan, Basuki berharap, agar masyarakat dapat mengurangi pengambilan air tanah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.