Kompas.com - 05/10/2017, 22:10 WIB
|
EditorHilda B Alexander

PONTIANAK, KompasProperti - Pemerintah Kota Pontianak kembali membangun dua taman di kawasan Universitas Tanjungpura (Untan) di Jalan Ahmad Yani. Kedua taman yang akan dibangun tersebut adalah Taman Arboretum Untan dan Taman Plaza Untan.

Sebelumnya, di kawasan tersebut juga sudah dibangun Taman Digulis. Posisi taman Digulis maupun dua taman baru yang akan dibangun berada di kawasan yang sama, namun terpisah oleh empat ruas jalan.

Lokasi taman yang baru ini terletak di depan Pos Polisi Bundaran Untan dan taman yang bersebelahan dengan Politeknik Negeri (Polnep) Pontianak.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menargetkan kedua taman tersebut selesai pembangunannya pada tahun 2017 ini. Meskipun jika pembangunannya terlambat, menurut Sutarmidji hanya tersisa sedikit bagian yang harus dikerjakan tahun depan.

Gambar desain rencana pembangunan taman di Kota PontianakDok. Pemkot Pontianak Gambar desain rencana pembangunan taman di Kota Pontianak
Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat bermain catur, skatepark atau tempat bermain skateboard, lapangan basket, taman bunga dan informasi sejarah pahlawan daerah.

"Tahun ini saya yakin sudah bisa selesai 90 persen. Jadi tahun depan sedikit saja pengerjaan yang kecil-kecil," ujar Sutarmidji, Kamis (5/10/2017).

Dari Taman Arboretum Untan, juga akan dibangun jembatan untuk akses ke taman di samping Polnep. Para pengunjung yang ingin melintas atau pun sekadar menikmati pemandangan dari atas jembatan, dapat melewatinya.

Gambar desain rencana pembangunan taman di Kota PontianakDok. Pemkot Pontianak Gambar desain rencana pembangunan taman di Kota Pontianak
Sutarmidji menambahkan, pembangunan taman-taman ini sebagai upaya mempercantik dan mempermanis kawasan itu sehingga indah dipandang mata. Masyarakat pun merasa nyaman dan menikmati bila berada di taman tersebut.

"Saya maunya ruang-ruang publik itu dibuat dengan kenyamanan. Nanti juga ditambah dengan wahana permainan anak-anak. Untuk balita itu masih kurang. Kami mau lihat space nya di mana, supaya mereka aman dan nyaman," tambah Sutarmidji.

Pembangunan kedua taman itu total menelan dana sebesar Rp 6,1 miliar. Dengan rincian masing-masing Rp4,3 Miliar untuk taman samping Polnep dan Rp1,8 Miliar untuk taman depan Pos Polisi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.