Penghuni Apartemen Harus Aktif Mengikuti Latihan OKD

Kompas.com - 05/10/2017, 20:07 WIB
Lubang pada ventilasi genset di Apartemen Cinere Bellevue yang dibuat untuk memudahkan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api, Kamis (5/10/2017). Genset di basement tiga Apartemen Cinere Bellevue meledak dan terbakar pada Rabu (4/10/2017) malam sekitar pukul 21.00. Kompas.com/Alsadad RudiLubang pada ventilasi genset di Apartemen Cinere Bellevue yang dibuat untuk memudahkan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api, Kamis (5/10/2017). Genset di basement tiga Apartemen Cinere Bellevue meledak dan terbakar pada Rabu (4/10/2017) malam sekitar pukul 21.00.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Bencana apa pun, termasuk kebakaran kerap kali menyisakan kisah pilu, untuk tidak dikatakan tragedi.

Tercatat sembilan penghuni Apartemen Cinere Bellevue, Depok, yang terjebak di unit huniannya saat terjadinya kebakaran pada Rabu (4/10/2017) malam. Delapan orang berada di Tower B, sedangkan satu di Tower A.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok Yayan Arianto mengatakan, penyebab terjebaknya sembilan penghuni karena terputusnya aliran listrik yang disertai munculnya asap hitam.

"Asapnya terlalu tebal, jadi mereka enggak bisa lewat tangga darurat," kata Yayan saat ditemui di lokasi, Kamis (5/10/2017).

Baca: Korban Kebakaran Apartemen Cinere Bellevue Derita Sesak Nafas

Sembilan penghuni yang sempat terjebak dilaporkan adalah penghuni yang tinggal di unit hunian di lantai 12, 18, dan 19 Tower B, serta lantai 9 Tower A. Seluruhnya kini sudah dievakuasi dan dibawa ke RS Puri Cinere.

Apa yang terjadi pada penghuni Apartemen Cinere Bellevue, Depok, bisa menjadi pelajaran, betapa pentingnya antisipasi mitigasi bencana kebakaran yang harus diketahui penghuni.

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke genset yang terpantau terus-menerus mengeluarkan asap diApartemen Cinere Bellevue, Depok, Kamis (5/10/2017) pagi. Genset inilah yang dilaporkan meledak dan menjadi titik awal munculnya api saat awal mula terjadinya kebakaran pada Rabu (4/10/2017) malam. Kompas.com/Alsadad Rudi Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke genset yang terpantau terus-menerus mengeluarkan asap diApartemen Cinere Bellevue, Depok, Kamis (5/10/2017) pagi. Genset inilah yang dilaporkan meledak dan menjadi titik awal munculnya api saat awal mula terjadinya kebakaran pada Rabu (4/10/2017) malam.
Selain itu, betapa pentingnya perawatan sistem dan alat pendeteksi kebakaran serta para pengelola gedung mengetahui tugas dan fungsinya agar kejadian kebakaran tak menjadi rutinitas. 

Dalam catatan KompasProperti, kebakaran yang melanda gedung bertingkat tinggi bukan kali ini saja terjadi. Tahun lalu, setidaknya ada tiga gedung yang terbakar.

Tiga gedung tersebut adalah hotel Swiss-belhotel yang berlokasi di Jl Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara, apartemen Casa Domaine di Jl KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, dan apartemen SOHO @Podomoro City di Jl S Parman, Jakarta Barat.

Baca: Tiga Gedung Baru Terbakar dalam Tiga Bulan

Sementara tahun ini, tercatat Apartemen Verde di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, yang terbakar. Menyusul kemudian Apartemen Cinere Bellevue di Depok, Jawa Barat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X