Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi LRT Medan, Wiraland Bangun Jalan Penghubung

Kompas.com - 02/10/2017, 21:24 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KompasProperti - Kalau dilihat dari posisi geografis, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memiliki letak strategis karena berada di jalur pelayaran nasional Selat Malaka yang dekat dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Tak heran, pada Februari 2017 saat memimpin rapat Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, kunci agar Sumut bisa berkembang menggerakkan perekonomian di wilayah-wilayah lain di Pulau Sumatera adalah dengan percepatan pembangunan infrastruktur, baik infrastruktur pelabuhan, bandara, maupun jalan.

Jokowi yakin kesiapan infrastruktur di Sumut akan berdampak pada kecepatan pengembangan kawasan ekonomi khususnya beberapa kawasan industri yang sedang disiapkan sebagai mesin pertumbuhan baru.

Begitu pula dengan pembangunan infrastruktur transportasi yang akan mempermudah konektivitas antar wilayah Sumut, sehingga mendorong laju perekonomian daerah lebih cepat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut pun menyambut dengan konsentrasi berbagai percepatan pembangunan.

Salah satunya program Light Rail Transit (LRT) Medan yang konstruksinya dimulai pada 2019. Proyek seharga Rp 6,3 triliun ini tengah dalam masa studi kelayakan untuk kemudian ditender kepada swasta.

Rencana proyek LRT yang dimulai di kawasan Jamin Ginting Medan, ini menadapat sambutan antusias dari para pebisnis, terutama pengembang properti.

Wiraland Property Group, salah satunya ikut berkontribusi dengan membangun jalan penghubung yang melintasi perumahan Mayfair di Jalan Besar Ngumban Surbakti.

Direktur Sales dan Marketing Wiraland, Jenny Lok, mengatakan perumahan Mayfair sudah dicanangkan sejak Juli 2017. Disusul peresmian ground breaking dan penanaman seribu pohon pada Agustus 2017.

 

"Jalan penghubung yang dibuka di tengah-tengah perumahan menghubungkan tiga jalan protokol besar, yakni Jalan Ngumban Surbakti, Setia Budi dan Jamin Ginting," tutur Jenny kepada KompasProperti, Senin (2/10/2017).

Tidak hanya menjadi fasilitas bagi warga perumahan, jalan penghubung ini juga menjadi infrastruktur yang bisa diakses oleh publik.

Biasanya, ucap Jenny, lama perjalanan yang ditempuh dari Jalan Bunga Terompet ke Setia Budi melewati Jalan Ngumban Surbakti berkisar 15 menit, jika melewati jalan penghubung hanya butuh waktu tiga menit.

Jalan penghubung ini bisa ditempuh melalui dua gerbang perumahan Mayfair yang masing-masing berada di Jalan Setia Budi dan Jalan Bunga Terompet.

"Akses inilah yang akan selalu mendongkrak harga tanah dan perumahan. Sementara kehadiran LRT, akan mendorong pertumbuhan dan nilai tanah di kawasan ini sampai 20 persen setiap tahunnya," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com