Kompas.com - 01/10/2017, 15:27 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Berbagai negara baik yang sudah maju atau yang masih berkembang tengah berlomba-lomba membangun infrastruktur. Di negara maju, pembangunan lebih ke arah perbaikan dan pembaruan infrastruktur.

Sementara di negara berkembang, penelitian dan pengembangan infrastruktur baru terus digaungkan.

Baca: Kalau Indonesia Mau Berkembang, Harus Ada Jawa Kedua

Namun, tidak jarang pembangunan tersebut kurang memberikan hasil maksimal karena lemahnya pemahaman mengenai aspek ketahanan infrastruktur.

Terutama, di tengah tantangan perubahan cuaca dan dampaknya yang terjadi di berbagai belahan dunia.

"Infastruktur berbicara tentang kualitas hidup seseorang. Dengan kata lain, insinyur bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekaligus menyediakan infrastruktur yang tahan terhadap bencana," ujar President of International Federation of Consulting Engineers FIDIC, Jae-Wan Lee di Jakarta Cenvention Center, Minggu (1/10/2017).

Lee mengatakan, melakukan prediksi dampak perubahan cuaca menjadi tantangan yang semakin besar.

Hal ini sangat penting untuk memastikan standar desain dan konstruksi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, sampai perawatan, benar-benar kuat dan teruji dalam menghadapi situasi kritis.

Ketahanan infrastruktur pun akhirnya dipilih sebagai pembahasan utama dalam rangka pelaksanaan "FIDIC International Infrastructure Conference".

Dengan tema "Infrastructure Resilient-Improving Life", konferensi ini dilaksanakan 1-3 Oktober 2017 di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.