Kompas.com - 01/10/2017, 13:31 WIB
Gerbang Tol Lubuk Pakam, bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61 kilometer. Hilda B Alexander/Kompas.comGerbang Tol Lubuk Pakam, bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61 kilometer.
|
EditorHilda B Alexander

MEDAN, KompasProperti - Pada saat operasionalisasi yang direncanakan pekan kedua Oktober 2017 nanti, pengelola Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi hanya memberlakukan transaksi non tunai di ruas Kualanamu-Sei Rempah.

Direktur Utama PT Jasa Marga Kualanamu Tol Agus Suharjanto memastikan hal tersebut kepada KompasProperti, Sabtu (30/9/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Agus, kebijakan ini untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) 100 persen.

Baca: Kalau Indonesia Mau Berkembang, Harus Ada Jawa Kedua

"Semua sudah siap. Termasuk sosialisasi kepada pengguna. Pihak perbankan juga sudah menyatakan kesiapannya. Kami koordinasi dan komunikasi secara intensif," ujar Agus.

Ruas Kualanamu-Sei Rempah dirancang sepanjang 41 kilometer merupakan bagian dari Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi dengan total 61,70 kilometer.

Jalan bebas hambatan ini terbagi dalam tujuh seksi. Seksi 1A Tanjung Morawa-Tanjung Baru, Seksi 1 Tanjung Baru-Parbarakan, Seksi 2 Kualanamu-Kemiri-Parbarakan, Seksi 3 Parbarakan-Lubukpakam, Seksi 4A Lubuk Pakam-Adolina, dan Seksi 4B Adolina-Perbaungan.

Kemudian Seksi 5 Perbaungan-Teluk Mengkudu, Seksi 6 Teluk Mengkudu-Sei Rampah, Seksi 7A Sei Rampah-Sei Bamban, dan Seksi 7B Sei Bamban-Tebing Tinggi.

Agus mengatakan, dengan beroperasinya ruas Kualanamu-Sei Rempah ini, waktu perjalanan bisa dipangkas menjadi hanya 30 menit, dari sebelumnya 2 jam hingga 2,5 jam.

Adapun lalu lintas rata-rata harian yang diharapkan sebanyak 20.000-25.000 kendaraan dengan usulan tarif Rp 950 per kilometer.

Baca: Jasa Marga Usulkan Tarif Tol Kualanamu-Sei Rampah Rp 950 Per Kilometer

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.