Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mangkrak 22 Tahun, Akhirnya Tol Becakayu Siap Diresmikan

Kompas.com - 30/09/2017, 09:27 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Pada awal November 2016 lalu, Presiden Joko Widodo sempat menyambangi lokasi pembangunan proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), untuk melihat langsung progres pekerjaan tol tersebut.

Kini, proyek yang sempat mangkrak selama 22 tahun itu, segera diresmikan dan dioperasikan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, ruas Tol Becakayu yang segera diresmikan yaitu Seksi 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan Seksi 1C yang menghubungkan Pangkalan Jati-Jaka Sampurna.

Suasana progres pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (12/10/2017). Pembangunan tol sepanjang 21 kilometer itu terus dikerjakan dengan target mulai beroperasi pada 2019 mendatang dan diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut.
KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana progres pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (12/10/2017). Pembangunan tol sepanjang 21 kilometer itu terus dikerjakan dengan target mulai beroperasi pada 2019 mendatang dan diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut.
"Kemarin ke lapangan, untuk seksi B dan C, aspalnya itu tanggal 10 Oktober (selesai)," kata Herry di kantornya, Jumat (29/9/2017).

Jalan Tol Becakayu dirancang sepanjang 21,04 kilometer. Seksi I yang menghubungkan Kasablanka-Jaka Sampurna memiliki panjang 11 kilometer.

Sementara, Seksi II yang menghubungkan wilayah Jaka Sampurna-Duren Jaya didesain sepanjang 10,04 kilometer.

Pekerja menyelesaikan pembangunan di Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (12/10/2017). Pembangunan tol sepanjang 21 kilometer itu terus dikerjakan dengan target mulai beroperasi pada 2019 mendatang dan diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pekerja menyelesaikan pembangunan di Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (12/10/2017). Pembangunan tol sepanjang 21 kilometer itu terus dikerjakan dengan target mulai beroperasi pada 2019 mendatang dan diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan tersebut.
Pekerjaan tol ini dimulai kembali pada Januari 2015 lalu. Jalan bebas hambatan yang konsesinya dimiliki PT Kresna Kusuma Dyandra Marga selama 45 tahun ini akan tersambung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Herry menambahkan, untuk Seksi 1A dan Seksi 2, diperkirakan rampung konstruksinya pada pertengahan tahun 2018.

Dia berharap, keberadaan tol ini dapat membangun masyarakat yang hendak menuju ke atau dari Bekasi-Jakarta.

"Jadi, orang sampai ke Bekasi bisa langsung," kata dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com