Kompas.com - 30/09/2017, 08:09 WIB
Salah satu pintu gerbang tol yang dibangun di ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT). Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRSalah satu pintu gerbang tol yang dibangun di ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah terus mengebut pekerjaan sejumlah ruas tol, baik Trans-Jawa maupun Trans-Sumatera. Hingga akhir tahun 2017 ini, ditargetkan 379,2 kilometer tol beroperasi.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang dikutip KompasProperti, Jumat (29/9/2017), dari target tersebut, 64,4 kilometer di antaranya telah beroperasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun ruas tol yang telah beroperasi meliputi Gempol-Pasuruan Seksi 1 Paket A1 dan A2 (segmen Gempol-Rembang) sepanjang 13,9 kilometer, dan akses Tanjung Priok sepanjang 8 kilometer.

Selain itu, Jalan Tol Semarang-Solo Seksi 3 (Bawen-Salatiga) sepanjang 17,6 kilometer dan Tol Mojokerto-Kertosono Seksi II dan III sepanjang 24,9 kilometer juga telah beroperasi.

Adapun ruas tol yang segera dioperasikan dalam waktu dekat meliputi Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Seksi 2-6 sepanjang 41,65 kilometer, Medan-Binjai Seksi 2 dan 3 sepanjang 10,45 kilometer, dan Palembang-Indralaya Seksi 1 sepanjang 7,75 kilometer.

Peresmian ketiga ruas tol yang berada di Trans-Sumatera itu tinggal menunggu waktu peresmian oleh Presiden Joko Widodo.

"Semua sudah siap seratus persen. Tinggal menunggu jadwal Pak Presiden," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kepada KompasProperti di Padang, Rabu (26/9/2017).

Sementara itu, pada Oktober 2017, dua ruas tol juga segera dioperasikan yaitu Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi IB–IC sepanjang 8,24 kilometer dan Surabaya-Mojokerto Seksi IB-III sepanjang 15,47 kilometer.

Untuk November 2017, dua ruas tol lainnya juga segera dioperasikan yakni Soreang-Pasirkoja Seksi 1-2 sepanjang 8,15 kilometer dan Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1 sepanajng 8,9 kilometer.

Giliran Paket 2 Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 5,03 kilometer akan dioperasikan pada Desember 2017.

Menyusul kemudian Solo-Mantingan-Ngawi sepanjang 87,19 kilometer, Pejagan-Pemalang Seksi III-IV sepanjang 37,3 kilometer dan Ngawi-Kertosono Seksi I-III sepajang 52,57.

Berikutnya, Tol Batang-Semarang Seksi I sepanjang 3,2 kilometer yang diresmikan.

Disusul Palembang-Indralaya Seksi 2–3 sepanjang 14,18 kilometer, Cinere-Jagorawi Seksi 2 sepanjang 5,5 kilometer, Ciawi-Sukabumi Seksi I sepanjang 7,3 kilometer dan Pemalang-Batang sepanjang 6 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.