Akhir September, Pemerintah Targetkan 60 Persen GTO Beroperasi

Kompas.com - 29/09/2017, 20:30 WIB
Gerbang Tol Cibubur Utama pada hari pertama penerapan tarif baru Tol Jagorawi. Aditya Maulana - OtomaniaGerbang Tol Cibubur Utama pada hari pertama penerapan tarif baru Tol Jagorawi.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Implementasi penerapan transaksi non-tunai di gerbang tol (GT) secara 100 persen, akan dilakukan pada 31 Oktober 2017. Pemerintah pun terus berbenah, menyiapkan alat pembayaran yang mendukung transaksi non-tunai atau cashless.

"Kami harapkan hingga akhir September 60 persen sudah cashless, sedangkan 40 persen hybrid, bisa cashless dan tunai," kata anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kuncahyo, usai pertemuan di Kantor Ombudsman Republik Indonesia, Rabu (27/9/2017) lalu.

Menurut dia, sosialisasi penggunaan transaksi non-tunai di GT bukan baru saja dilakukan. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat menggunakan uang tol elektronik, saat hendak bertransaksi.

"Cashless ini sosialisasinya sudah dari 2008-2009. Waktu itu, Bank Mandiri dengan lima Badan USaha Jalan Tol (BUJT) sudah bekerja sama untuk melakukan pembayaran non-tunai. Jadi ini enggak mendadak," ungkap Kuncahyo.

Dia menambahkan, penggunaan transaksi non-tunai dinilai lebih menguntungkan dari sisi waktu, bila dibandingkan transaksi tunai. Untuk itu, pemerintah terus mendorong agar masyarakat beralih menggunakan transaksi non tunai.

"Kalau cash, transaksi bisa lima detik, bahkan dengan recehan bisa jadi 7-12 detik. Sedangkan kalau tap (transaksi dengan kartu ke mesin), cuma tiga detik. Jadi mengurangi antrean," sebut dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X