Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Panel Surya, Berapa Investasi yang Dibenamkan Aeon?

Kompas.com - 29/09/2017, 19:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Teknologi panel surya dipasang pada atap Aeon Mall Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur. Pemanfaatan teknologi tersebut merupakan dukungan Aeon terhadap isu pemanfaatan energi bersih dan terbarukan.

"Ini merupakan kontribusi kami terhadap lingkungan. Kami ingin masyarakat paham, bahwa kami melakukan usaha nyata untuk menurunkan emisi karbon," kata Manager Aeon Mall Co. Ltd. Shim Hyungshik, di Aeon Mall JGC, Jumat (29/9/2017).

Panel surya yang diaplikasikan, sebut Hyungshik, menggunakan teknologi Solar Photovoltaic Rooftop yang dapat menghasilkan daya hingga 500 kilowatt.

Daya sebesar itu, kata dia, dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk menghidupkan lampu-lampu yang terdapat pada pusat perbelanjaan tersebut.

Untuk menginstal panel surya berteknologi Solar PV Rooftoop tersebut Aeon harus merogoh kocek sekitar 1 hingga 2 persen dari total investasi keseluruhan. Namun, Hyungshik enggan membeberkan secara pasti berapa nilai investasi yang dibenamkan.

General Manager Operations AEON Mall JGC Sri Prayogio juga enggan menyebutkan secara pasti investasi yang dirogoh perusahaan asal Jepang itu untuk membangun Aeon Mall JGC.

Hanya, mengutip Kontan.co.id, angka kisaran investasi yang mencuat yakni lebih dari Rp 1 triliun. Itu artinya, investasi untuk memasang solar panel adalah sekitar Rp 20 miliar. 

Sementara itu, Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Edwin Manansang menilai, penerapan panel surya dapat menjadi salah alternatif dalam menghasilkan energi yang digunakan untuk operasionalisasi bangunan komersial.

Ia pun berharap pelaku usaha lain dapat mendukung upaya pemerintah dalam memanfaatkan energi terbarukan sebagai alternatif pengganti energi fosil.

"Sehingga target terkait energi terbarukan, khususnya gerakan nasional sejuta atap, dan target penurunan emisi Indonesia bisa tercapai," kata Edwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com