Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/09/2017, 19:30 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Teknologi panel surya dipasang pada atap Aeon Mall Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur. Pemanfaatan teknologi tersebut merupakan dukungan Aeon terhadap isu pemanfaatan energi bersih dan terbarukan.

"Ini merupakan kontribusi kami terhadap lingkungan. Kami ingin masyarakat paham, bahwa kami melakukan usaha nyata untuk menurunkan emisi karbon," kata Manager Aeon Mall Co. Ltd. Shim Hyungshik, di Aeon Mall JGC, Jumat (29/9/2017).

Panel surya yang diaplikasikan, sebut Hyungshik, menggunakan teknologi Solar Photovoltaic Rooftop yang dapat menghasilkan daya hingga 500 kilowatt.

Daya sebesar itu, kata dia, dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk menghidupkan lampu-lampu yang terdapat pada pusat perbelanjaan tersebut.

Untuk menginstal panel surya berteknologi Solar PV Rooftoop tersebut Aeon harus merogoh kocek sekitar 1 hingga 2 persen dari total investasi keseluruhan. Namun, Hyungshik enggan membeberkan secara pasti berapa nilai investasi yang dibenamkan.

General Manager Operations AEON Mall JGC Sri Prayogio juga enggan menyebutkan secara pasti investasi yang dirogoh perusahaan asal Jepang itu untuk membangun Aeon Mall JGC.

Hanya, mengutip Kontan.co.id, angka kisaran investasi yang mencuat yakni lebih dari Rp 1 triliun. Itu artinya, investasi untuk memasang solar panel adalah sekitar Rp 20 miliar. 

Sementara itu, Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Edwin Manansang menilai, penerapan panel surya dapat menjadi salah alternatif dalam menghasilkan energi yang digunakan untuk operasionalisasi bangunan komersial.

Ia pun berharap pelaku usaha lain dapat mendukung upaya pemerintah dalam memanfaatkan energi terbarukan sebagai alternatif pengganti energi fosil.

"Sehingga target terkait energi terbarukan, khususnya gerakan nasional sejuta atap, dan target penurunan emisi Indonesia bisa tercapai," kata Edwin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+