Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Potensi, Pelindo 1 Benahi Pelabuhan Belawan

Kompas.com - 29/09/2017, 17:29 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KompasProperti - PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) terus melakukan peningkatan jasa layanan transformasi laut dan kepelabuhan.

Pembenahan-pembenahan di setiap pelabuhan, salah di antaranya Pelabuhan Belawan, Kota Medan kian giat dikerjakan. Tak hanya berupa penambahan fasilitas, melainkan juga akses menuju pelabuhan.

Optimalisasi potensi yang dimiliki Pelabuhan Belawan menjadi pelabuhan utama di pesisir pantai timur Sumatera menjadi fokus kerja BUMN ini.

Direktur Utama Pelindo 1 Bambang Eka Cahyana mengatakan, pembangunan dedicated terminal berupa terminal CPO antar-pulau dan car terminal semakin melengkapi fasilitas yang dimiliki Pelabuhan Belawan.

Pembangunan terminal CPO tersebut bertujuan untuk menambah kapasitas bongkar muat CPO menjadi 1,8 juta per tahun.

Sedangkan, pembangunan car terminal di lahan bekas dermaga 004 Pelabuhan Belawan Lama menjadi jawaban atas tuntutan pengguna jasa yang setiap bulan rutin mendatangkan ratusan unit mobil baru dari Jakarta.

Pelindo 1 juga membangun cold storage untuk memfasilitasi produk-produk holtikultura hasil pertanian yang akan diekspor keluar Sumatera Utara agar bisa disimpan langsung di Pelabuhan Belawan.

"Cold storage menjadi fasilitas yang kami disediakan di terminal holtikultura, ini diharapkan mampu menekan biaya logistik produk holtikultura," kata Bambang kepada KompasProperti, Jumat (29/9/2017).

Tak hanya itu, lanjutnya, Pelindo 1 juga mengembangkan terminal multipurpose Pelabuhan Belawan yang terdiri dari terminal curah kering dengan kapasitas 1 juta ton, terminal general cargo, dan dermaga industri kimia dasar (IKD).

Bambang berharap, pembenahan ini akan meningkatkan produktivitas dan kelancaran operasional bongkar muat barang, serta menambah kapasitas bongkar muat komoditi baik curah kering maupun general cargo di Pelabuhan Belawan.

"Penataan terminal penumpang juga menjadi fokus kami, memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna transportasi laut. Terminal Bandar Deli yang beroperasi pada Juni 2016 lalu itu bisa menampung 2.500 orang. Ini terminal penumpang terbesar dan termegah ketiga di Indonesia," tutur Bambang.

Fasilitas modern yang dimiliki Terminal Bandar Deli mulai dari ketersediaan garbarata yang mempermudah penumpang naik dan turun kapal, pemasangan automatic gate, guest house, dan arena bermain anak.

Kemudian, seluruh jalan di dalam area pelabuhan dibetonisasi agar penataan area lebih tertib dan nyaman.

Demikian halnya dengan akses jalan raya pelabuhan yang berlapis beton rigid sepanjang 4,95 kilometer dari Kampung Salam sampai gate BICT.

"Pengembangan Pelabuhan Belawan adalah komitmen Pelindo 1 untuk melakukan perubahan agar biaya logistik nasional bisa ditekan. Juga sebagai dukungan untuk percepatan pembangunan nasional,” ucap Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com