Kompas.com - 28/09/2017, 17:24 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Program bedah rumah di Cilincing, Jakarta Utara, yang baru saja rampung, rupanya merupakan gagasan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Saat itu, Ahok melihat masih banyak warga DKI Jakarta yang tinggal di rumah tidak layak huni dengan sanitasi buruk.

"Waktu itu, (berpikir) bagaimana ya caranya untuk melakukan revitalisasi lingkungan yang kumuh di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat meresmikan program bedah rumah, Kamis (28/9/2017).

Menurut Djarot, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebenarnya telah memiliki beragam program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga, termasuk di antaranya program bantuan perumahan berupa kampung deret.

Namun, program yang ada dianggap masih belum maksimal. Karena itu, diperlukan cara lain agar masyarakat yang terbantu semakin banyak.

"Yang belum adalah bagaimana dalam membangun rumah ini, kita ada prinsip gotong royong dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat setempat. Oleh sebab itu diuji cobalah di Cilincing," kata Djarot.

Setidaknya, ada 67 rumah yang ikut dalam program bedah rumah di Cilincing ini. Djarot pun bersyukur, program ini dapat rampung sebelum masa jabatan Pemprov DKI periode 2012-2017 berakhir.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dapat melanjutkan program positif ini.

"Saya sampaikan, ini adalah program yang sudah diletakkan di dalam program Pemprov DKI Jakarta, maka kita doakan saja agar program yang baik ini untuk diteruskan," tuntas Djarot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.