Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Rumah di Cilincing Rupanya Gagasan Ahok

Kompas.com - 28/09/2017, 17:24 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Program bedah rumah di Cilincing, Jakarta Utara, yang baru saja rampung, rupanya merupakan gagasan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

Saat itu, Ahok melihat masih banyak warga DKI Jakarta yang tinggal di rumah tidak layak huni dengan sanitasi buruk.

"Waktu itu, (berpikir) bagaimana ya caranya untuk melakukan revitalisasi lingkungan yang kumuh di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat meresmikan program bedah rumah, Kamis (28/9/2017).

Menurut Djarot, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebenarnya telah memiliki beragam program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga, termasuk di antaranya program bantuan perumahan berupa kampung deret.

Namun, program yang ada dianggap masih belum maksimal. Karena itu, diperlukan cara lain agar masyarakat yang terbantu semakin banyak.

"Yang belum adalah bagaimana dalam membangun rumah ini, kita ada prinsip gotong royong dengan melibatkan pihak swasta dan masyarakat setempat. Oleh sebab itu diuji cobalah di Cilincing," kata Djarot.

Setidaknya, ada 67 rumah yang ikut dalam program bedah rumah di Cilincing ini. Djarot pun bersyukur, program ini dapat rampung sebelum masa jabatan Pemprov DKI periode 2012-2017 berakhir.

Politisi PDI Perjuangan itu berharap pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno dapat melanjutkan program positif ini.

"Saya sampaikan, ini adalah program yang sudah diletakkan di dalam program Pemprov DKI Jakarta, maka kita doakan saja agar program yang baik ini untuk diteruskan," tuntas Djarot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com