Tanpa AC, Suhu Gedung UMN 28 Derajat Celcius

Kompas.com - 27/09/2017, 21:00 WIB
Gedung new Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjadi contoh konsep gedung hemat energi bagi universitas lainnya, Senin (21/4/2014). Yohanes Debrito NeonnubGedung new Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjadi contoh konsep gedung hemat energi bagi universitas lainnya, Senin (21/4/2014).
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG, KompasProperti - Gedung Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) New Media Tower atau UMN 2 dibangun dengan prinsip desain pasif.

Menggunakan kulit fasad ganda, intesitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat terkontrol sehingga ruangan cukup terang dan dingin.

"Meski tanpa pendingin ruangan atau AC suhu bisa mencapai 28 derajat Celcius. Dibandingkan dengan Gedung UMN 1 yang tanpa double skin facade, suhu ruangan 32-34 derajat Celcius," ujar Direktur PT Multimedia Land Thomas Sigit, saat peresmian P.K. Ojong–Jakob Oetama Tower, di Gading Serpong, Tangerang, Banten, Rabu (27/9/2017).

Thomas menuturkan, suhu ruangan yang cukup sejuk ini juga didukung sirkulasi udara alam melalui keberadaan taman atap yang berada di beberapa lokasi gedung.

Selain itu, cerobong-cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara, membuat rubanah tidak memerlukan exhaust fan.

Desain yang sama juga diterapkan pada PK Ojong–Jakob Oetama Tower, yakni gedung perkuliahan UMN terbaru.

Selain menerapkan desain pasif, gedung PK Ojong–Jakob Oetama Tower ini juga menggunakan teknologi terbaru yang mampu menekan penggunaan energi secara keseluruhan.

Teknologi tersebut antara lain adalah penggunaan lampu LED dan magnetic chiller yang bisa mengurangi konsumsi energi listrik hingga 30 persen jika diukur dengan beban yang sama.

"Kalau dibandingkan dengan UMN 2 yang luasnya 32.000 meter persegi, (PK Ojong–Jakob Oetama Tower) ini luasnya 45.000 meter persegi. UMN 2 tingginya 13 lantai, kalau ini 19 lantai," sebut Thomas.

Dia berharap, konsep pasif desain PK Ojong-Jakob Oetama Tower akan mampu menghemat penggunaan energi seperti pada UMN 2.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X