Bagaimana Cara Memilih Cat yang Sempurna? - Kompas.com

Bagaimana Cara Memilih Cat yang Sempurna?

Kompas.com - 27/09/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi cat dinding pada ruangan.www.architecturaldigest.com Ilustrasi cat dinding pada ruangan.

KompasProperti - Ketika Anda mengidamkan untuk tinggal di sebuah rumah dengan dinding berwarna biru dan putih, tentu bukan perkara mudah dalam memilih dan memgaplikasikannya.

Memilih cat yang sempurna, lebih tepat bila disebut dengan berburu daripada bermain. Anda tidak bisa hanya mampir ke toko, lalu sekadar memilih warna biru seperti yang Anda lihat.

Berikut tips memilih warna cat sempurna, seperti dikutip dari Architectural Digest (AD):

1. Tentukan warna favorit

Bagi sebagian orang, perabotan yang dimiliki atau hendak dibeli, akan menjadi salah opsi dalam menentukan warna cat dinding. Ibaratnya, begitu banyak warna sofa di dunia, tetapi hanya ada beberapa yang pantas untuk diaplikasikan.

Bila Anda memulainya dari nol dan memerlukan sedikit petunjuk, coba ikuti saran dari Miles Redd, salah seorang arsitek yang masuk dalam 100 besar arsitek pilihan AD.

"Tanyakan pada diri sendiri, apa warna favorit Anda. Dan jika tidak tahu, coba lihat pada lemari baju sendiri," kata dia.

Bila Anda menemukan sebuah cat dinding yang layak untuk diaplikasikan pada dinding rumah, coba jepret warna cat tersebut dengan aplikasi seperti Benjamin Moore's Color Capture, untuk mengetahui jenis warnanya.

2. Buatlah beragam pilihan

"Begitu Anda menemukan arahan yang umum, coba pilih sejumlah warna yang digemari," kata Redd. Pada saat ini, Anda harus pergi ke sebuah toko cat, dan mencoba menjajarkan sejumlah warna dari berbagai merek.

Perancang Casey Kenyon menyarankan, agar menjajarkan delapan sampel cat untuk menentukan mana yang tepat. Di samping itu, masukkan harga sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan warna serta jenis cat.

"Untuk memilih warna yang tepat, adalah tentang mempersempit (pilihannya)," kata Kenyon.

3. Aplikasikan langsung

Anda mungkin pernah mendengar trik dalam memilih sampel cat, yaitu dengan memoles pada sebuah papan poster, dan kemudian memindahkannya pada dinding di ruangan sekeliling Anda untuk mengetahui hasil bila terkena cahaya.

Namun, perancang Melissa Lee menilai, cukup sulit untuk mencari referensi yang sama, yang diberikan pada cat yang diaplikasikan pada dinding dengan tekstur yang berbeda.

"Yang kemudian menghasilkan refleksi dan penyerapan cahaya yang berubah-ubah," kata Lee.

Melihat hasil langsung pada dinding, akan lebih realistis dari pada mencoba mengecat di sejumlah lokasi.

4. Lihat furnitur

Anda mungkin pernah merasa bingung dengan beragam sampel warna cat yang ada di hadapan Anda. Bila Anda merasa demikian, mungkin ini saatnya "beristirahat".

Redd menyarankan, agar Anda kembali ke toko cat beberapa kali dalam kurun waktu beberapa hari. Hal ini guna memastikan agar mata Anda mengalami penyesuaian warna untuk memilih cat yang tepat.

Selain itu, hal tersebut juga menjadi saat yang tepat untuk mempertimbangkan apa saja yang akan masuk ke dalam ruangan.

"Apa warna sofa, apa warna lantai, apa warna tirai. Dan apakah sesuai warna cat yang dipilih dengan barang-barang itu? Anda bisa tahu nantinya," kata dia.

Sementara, Lee menyarankan, untuk memperhatikan barang-barang yang ada di sekitar Anda. Termasuk, bagaimana perubahan warna benda-benda tersebut bila terlihat dalam kondisi gelap atau saat ada cahaya yang memantulkannya.

"Beberapa warna bahkan akan memperkuat bayang-bayang yang keluar dari benda-benda itu," kata Lee.


EditorHilda B Alexander
Komentar
Close Ads X