Kompas.com - 26/09/2017, 20:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander
PADANG, KompasProperti - Digenjotnya percepatan pembangunan infrastruktur, terutama Tol Trans Sumatera, meningkatkan pertumbuhan kebutuhan akan semen.
 
Oleh karena itu, PT Semen Padang, sebagai penguasa pasar semen di Pulau Sumatera, memanfaatkan kondisi ini menjadi peluang menjanjikan sekaligus captive market.
 
Menurut Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno, tahun ini kapasitas produksi ditambah 3 juta ton menjadi total 10.4 juta ton. 
 
Dari total kapasitas produksi tersebut, 1 juta ton di antaranya terserap untuk pembangunan proyek Tol Trans Sumatera. 
 
"Sebanyak 90 persen kebutuhan semen untuk Tol Trans Sumatera, kami yang penuhi," 
tutur Pudjo kepada KompasProperti, Selasa (26/9/2017).
 
Selain kehadiran proyek infrastruktur besar macam Tol Trans Sumatera yang membutuhkan semen dalam jumlah banyak, juga karena perusahaan sudah merencanakan penambahan kapasitas produksi ini.
 
Proyek Tol Trans Sumatera, kata Pudjo, ibarat "pelanggan tetap" yang harus dipenuhi kebutuhannya sesegera mungkin.
 
"Kami juga berkepentingan atas pembangunan infrastruktur ini. Pengiriman lebih lancar biaya distribusi lebih murah, dan harga pun pada gilirannya akan murah," tambah Pudjo.
 
Semen Padang sendiri tahun lalu mampu melakukan efisiensi di seluruh lini, termasuk transportasi dan distribusi hingga mencapai Rp 400 miliar.
 
Nantinya, jika beberapa ruas Tol Trans Sumatera beroperasi, tingkat efisiensi perusahaan diprediksi bakal lebih tinggi lagi dengan raupan perolehan penjualan tak kalah tinggi.
 
"Tahun ini kami menargetkan pertumbuhan penjualan 8 persen hingga 10 persen," tuntas Pudjo.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.