Menteri Siti Klaim Kebakaran Hutan Turun 80 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 26/09/2017, 08:08 WIB
Petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat berusaha memadamkan api yang membakar hutan di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Dok Polhut TNBTSPetugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) saat berusaha memadamkan api yang membakar hutan di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur.
|
EditorHilda B Alexander

PEMALANG, KompasProperti - Kebakaran hutan yang berlangsung setiap tahun mengalami penurunan intensitas pada 2017.

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, bahkan di Jawa, terutama Jawa Tengah tidak lagi terdengar adanya kebakaran.

"Se-Indonesia itu kebakaran jauh menurun sampai 80 persen, titik-titik panas menurun jauh," ujar Siti di Rest Area dan Wisata Balegrandung di Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2017).

Siti mengatakan, permasalahan kebakaran hutan terparah terjadi pada 2015, yakni di Riau dan Kalimantan Tengah. Selain itu, di Pulau Jawa juga terdapat titik-titik panas terutama di gunung-gunung.

"Tapi tahun ini tidak kedengaran betul. Hanya kemarin saya dengar di Ciremai tapi bukan hutan gambut dan sekarang sudah dipadamkan. Itu bisa selesai," kata Siti.

Kebakaran di Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat terjadi pada 17-22 September lalu dan melanda sekitar 113 hektare lahan.

Selain di Ciremai, Siti mengaku juga mendengar adanya kebakaran di Baluran yang terjadi akibat alang-alang yang cukup rapat. Meski demikian, penanganannya tidak membutuhkan waktu lama.

Kebakaran di Baluran ini terjadi di Kawasan Taman Nasional Situbondo dan melanda hutan jati dan savana pada Agustus lalu.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X