Seperti Ini, Kantor yang Bikin Betah Karyawannya

Kompas.com - 18/09/2017, 21:30 WIB
Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand designboomRuang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand
|
EditorHilda B Alexander

BANGKOK, KompasProperti - Tren ruang kantor yang kaku dan membosankan kini mulai ditinggalkan.

Sebaliknya, untuk mempertahankan kinerja karyawan, pemilik perusahaan didorong mengubah stigma tersebut.

Contohnya, ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand ini yang mungkin menjadi kantor dambaan setiap pekerja.

Studio kreatif Onion melakukan proyek renovasi seluas 170 meter persegi tersebut untuk konsultan IT.

Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand Designboom Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand

Perusahaan ini memiliki 60 karyawan yang biasanya bekerja di kantor klien untuk mengurus sistem komputer. Dengan kata lain, mereka hadir di kantor hanya saat menunggu klien atau proyek baru.

Artinya, pemilik perusahaan merasa tidak perlu merancang meja untuk staf individu karena semuanya bekerja dari laptop mereka sendiri. 
 
Mengingat mobilitas memainkan peran besar dalam bisnis intelijen, Onion menciptakan ruang yang mengakomodasi pertemuan dengan klien, wawancara dengan karyawan baru, dan yang terpenting, mendorong sosialisasi.

Dalam hal desain, tim Onion memperhatikan pekerja kantoran di seluruh dunia yang banyak menderita masalah kesehatan karena postur tubuh di tempat kerja dan kurang olahraga.

Oleh sebab itu, Onion memutuskan untuk menawarkan lingkungan yang lebih sehat memotivasi orang untuk mengubah gaya hidup mereka.

Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand 
designboom Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand

 
Onion memulai proyek ini dengan mengamati aktivitas fisik di taman umum di Bangkok dan menyadari bahwa mode peregangan lebih diminati daripada peralatan olahraga tertentu.

Dengan demikian, peralatan di dalam kantor harus sederhana, mudah dibangun dan menyenangkan.

Terlebih lagi, peralatan ini diatur sesuai area, mulai dari latihan yang mudah, yaitu 'finger walk', 'arm wheel', 'spinning chairs' dan 'monkey bars'.
 
Tabung besi yang tersambung terus menerus adalah fitur dominan. Fungsinya sebagai pegangan tangan di pintu masuk kantor, struktur tempat duduk dan meja di tengah ruangan serta bar latihan di bagian belakang kantor.

Untuk menyoroti kontinuitas, Onion menggunakan pipa air dan listrik yang ada sebagai ornamen plafon kantor dengan melukisnya berwarna putih. 

Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand Designboom Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand

Oleh karena itu, keseluruhan desain menghasilkan suasana yang menyenangkan dan semarak, dengan benda-benda yang secara khusus membangkitkan gagasan tentang mobilitas.
 
Meja pertemuan juga bisa ditransformasikan untuk tenis meja, dengan wadah kontainer bola pingpong. Di sebelahnya ada dinding bola pingpong bagi para pemain untuk menghitung nilainya.

Saat lelah, karyawan bisa tidur siang di panggung yang ditinggikan dengan penuh bantal, tepat di atas lemari arsip.

Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand Designboom Ruang kerja bersama (co-working space) di Bangkok, Thailand

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X