Kompas.com - 18/09/2017, 14:03 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Waskita Karya (Persero) Tbk tengah membangun sejumlah proyek infrastruktur di Jawa dan Sumatera.

Infrastruktur ini antara lain jalan tol, kereta ringan atau light rail transit (LRT) di Palembang, dan transmisi 500 kV di Muara Enim.

"Seluruh proyek ini membutuhkan modal kerja hampir Rp 120 triliun. Dari Rp 120 triliun kami perlu pinjaman Rp 80 triliun," ujar Direktur Utama Waskita Karya M. Choliq usai penandatanganan sindikasi dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBC), di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Choliq mengatakan, untuk jalan tol saja, Waskita tengah mengerjakan proyek dengan panjang total 1.250 kilometer.

Sementara untuk transmisi, Waskita menggarap pekerjaan sepanjang 700 kilometer dan LRT sepanjang 24 kilometer.

Menurut Choliq, seluruh proyek ini harus diselesaikan selambat-lambatnya pada 2019 dengan target yang ditetapkan pemerintah.

Adapun dari total kebutuhan dana Rp 120 triliun tersebut, total ekuitas minimal Rp 40 triliun. Saat ini, ekuitas Waskita tercatat Rp 22 triliun.

"Kami akan tetap pertahankan ekuitas itu dan tidak akan melebihinya," kata Choliq.

Waskita sendiri baru saja mendapat sindikasi pinjaman dari PT Bank Sumitomo sebesar Rp 5 triliun.

Dalam hal ini Bank Sumitomo bertindak sebagai sole mandated lead arranger and bookrunner.

Jangka waktu pinjamannya selama 5 tahun dengan tingkat bunga JIBOR (Jakarta Interbank Offered Rate) + 2,77 persen per tahun atau saat ini ekuivalen 7,77 persen per tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.