Dilintasi Kendaraan, Trotoar Bisa Cepat Rusak

Kompas.com - 15/09/2017, 12:30 WIB
Pengendara motor nekat menaiki trotoar di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Senin (11/9/2017). Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comPengendara motor nekat menaiki trotoar di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Senin (11/9/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Dalam pembangunan trotoar, Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 30 Tahun 2014.

Aturan ini mensyaratkan beberapa pembangunan teknis antara lain minimal lebar dan tinggi trotoar, penunjuk arah bagi penyandang disabilitas, serta kemiringan bagi pejalan kaki.

Jika dilintasi kendaraan, trotoar bisa cepat rusak karena bebannya terlalu besar.

"Kami coba mengikuti aturan, memang trotoar yang kita desain bukan untuk diinjak mobil. Kalau dibuat untuk diinjak mobil akan mahal sekali," ujar Kepala Seksi (Kasie) Perencanaan Bidang Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Riri Asnita di Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Dia mengatakan, untuk membuat trotoar yang mampu menahan beban kendaraan, mutu beton yang dipakai harus K300 atau K350. Dengan mutu tersebut, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.

Riri menggambarkan, jika pendanaan seharusnya bisa untuk trotoar sepanjang 3 kilometer, peningkatan mutu beton akan membuat pembangunan trotoar berkurang menjadi 1,5 kilometer.

"Pedestrian ini untuk pejalan kaki yang standarnya pun sudah ada. Kita pasang pedestrian dengan mutu beton sekitar K250," jelas Riri.

Dia menambahkan, memang ada beberapa titik di mana trotoar dibangun dengan mutu beton di atas K250.

Contohnya, titik perlintasan di mana trotoar dilintasi kendaraan yang akan parkir di dalam gedung.

"Tapi tetap dengan asumsi tidak diinjak terus-menerus seperti di jalanan. Itu yang kita coba bangun dengan standar seperti itu," ucap Riri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X