Dengan Sistem Baru, Tarif Tol JORR Bisa Lebih Murah

Kompas.com - 09/09/2017, 18:16 WIB
Tol JORR ruas W2 ruas Ulujami-Kebon Jeruk (ke arah kiri) sudah siap difungsikan. Warta Kota/Angga Bhagya NugrahaTol JORR ruas W2 ruas Ulujami-Kebon Jeruk (ke arah kiri) sudah siap difungsikan.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Tahun ini juga, Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan diintegrasi dalam rangka mengurai kemacetan yang biasa terjadi di pintu-pintu tol.

Seperti yang diterapkan pada Tol Jakarta-Tangerang-Merak dan Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), integrasi Tol JORR juga berdampak pada penyesuaian tarif.

Integrasi ini dilakukan di tiga jalan tol, yakni Tol JORR, JORR W1 dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok.

"Nanti jadi satu sistem keseluruhan. Harusnya (tarif) jadi turun kalau sekarang saja 18.000, nanti belum dengan tarif Akses Tanjung Priuk," ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, Jumat (8/9/2017).

Tarif Tol JORR untuk kendaraan golongan I saat ini Rp 9.500 sedangkan JORR W1 Rp 9.500. Jika melewati kedua tol ini, total biaya yang dibebankan kepada pengendara adalah Rp 19.000.

Sementara Jalan Tol Akses Tanjung Priok yang sudah beroperasi sejak April 2017 lalu, belum ditetapkan tarifnya.

"Kalau sekarang JORR itu Rp 9.500 nanti dicari rata-rata panjangnya dibagi dan dapat angka. Sekarang Rp 9.500 bisa keliling," sebut Herry.

Dia menambahkan, pengendara yang menggunakan tol JORR harus terhenti berkali-kali di pintu tol.

Sebagai contoh, dari arah Bandara Internasional Soekarno-Hatta pengendara akan membayar di Kamal. Kemudian pengendara harus kembali berhenti untuk transaksi di Kayu Besar.

Menurut Herry, hal ini merupakan contoh inefisiensi yang akan dihilangkan. Namun sebelum integrasi dilakukan, perlu ada jalur khusus dari arah Pluit yang saat ini tengah dipersiapkan PT Jasa Marga (persero) Tbk sebagai pengelola.

"Kami harapkan tahun ini integrasi JORR bisa direalisasikan," kata Herry.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X