Banyak Proyek Infrastruktur Dibangun di Atas Sesar Aktif

Kompas.com - 05/09/2017, 11:14 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat maket proyek Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten, Rabu (30/8/2017). KOMPAS.com / DANI PRABOWOMenteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat maket proyek Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten, Rabu (30/8/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Setidaknya, 295 titik sesar aktif terdeteksi di dalam peta sumber dan bahaya gempa 2017 yang dirilis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dari titik-titik yang ada, terdapat proyek-proyek infrastruktur yang tengah digarap pemerintah di atasnya.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, proyek infrastruktur itu seperti bendungan, kereta cepat, jembatan, bandara, hingga jalan tol.

Basuki menambahkan sulit untuk mencari lokasi pembangunan infrastruktur yang bebas dari sesar aktif.

"Bendungan, kereta cepat, itu hanya salah dua contoh. Kalau bendungan kita masih membangun ada di NTT, NTB, Bali, yang gempa juga. Di Maluku juga (yang) sedang kita bangun, sehingga kita pasti perlu peta seperti ini," kata Basuki di Auditorium Kementerian PUPR, Senin (4/9/2017).

Meski berada di atas sesar aktif, proyek yang tengah digarap tak akan dikaji ulang. Sebaliknya, dalam proses pembangunannya akan menggunakan teknologi mutakhir tahan gempa.

"Orang-orang sipil yang merencanakan dia akan menaikkan safety faktor dengan teknologinya itu lebih hati-hati," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengatakan, pemutakhiran data peta dilakukan untuk menghadapi potensi gempa yang akan terjadi di masa depan.

"Penyusunan pembaharuan Peta Gempa 2017 mengacu konsep Probabilistic Seismic Hazard Analysis (PSHA) Deterministic Seismic Hazard Analysis (DSHA) dengan menggunakan semua data dan informasi serta metode terkini untuk wilayah Indonesia," ucap Danis.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X