Kompas.com - 04/09/2017, 18:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KENDAL, KompasProperti - Pembebasan tanah untuk Jalan Tol Batang-Semarang, hingga per 31 Agustus 2017, masih sekitar 96,55 persen.

Dari data PT Jasamarga Batang-Semarang, pemegang konsesi jalan tol ini, pembebasan tanah untuk seksi 1 sudah mencapai 100 persen, seksi 2 (99.83 persen), seksi 3 (95,50 persen), seksi 4 ( 91.91 persen), dan seksi 5 (93.88 persen).

Menurut Humas PT Jasamarga Batang-Semarang, Iwan Abrianto, tidak ada kendala berarti dalam proses pembebasan tanah.

Namun demikian, pembebasan tanah untuk proyek jalan tol masih tersisa 3,45 persen. Hal ini karena ada tanah milik desa dan tanah wakaf yang proses ganti ruginya sedikit memakan waktu.

Pasalnya, pembebasan ini harus mendapat izin dari gubernur untuk tanah yang statusnya milik desa, dan kementerian agama untuk tanah wakaf.

“Ada juga milik warga yang saat ini, masih dalam proses konsinyasi,” tambah Iwan kepada KompasProperti, Senin (4/9/2017).

Iwan berharap, proses pembebasan tanah cepat selesai, sehingga mudik dan Lebaran tahun 2018 mendatang, Tol Batang-Semarang sudah bisa digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.