Pilih Mana, Beli atau Sewa Rumah?

Kompas.com - 01/09/2017, 10:25 WIB
Ilustrasi rumah. www.apartmenttherapy.comIlustrasi rumah.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Membeli rumah merupakan sebuah keputusan besar. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, sebelum mengambil langkah tersebut. Termasuk di dalamnya mempertimbangkan untu menyewa rumah.

Dikutip dari Apartmenttherapy, berikut beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah:

1. Sudahkah Anda merasa nyaman?

Sudah jelas, bahwa yang menjadi perbedaan terbesar dalam membeli atau menyewa rumah terletak pada sejauh apa Anda akan tinggal di sana. Dalam konteks ini, ada beberapa hal yang harus Anda pikirkan.

Apakah Anda menyenangi pekerjaan Anda? Apakah dengan tinggal di sebuah rumah membuat Anda lebih stabil? Ataukah, lingkungan sosial yang terdapat di sekitar hunian Anda, cukup membuat nyaman?

Bila jawaban untuk seluruh pertanyaan tersebut adalah ya, mungkin membeli rumah dapat menjadi pilihan tepat. Namun, bila Anda merasa jengkel atau tidak menemukan keseimbangan hidup, mungkin sebaiknya Anda melihat alternatif lain.

2. Lihat kondisi finansial

Kondisi keuangan yang stabil juga dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli rumah. Karena, hal tersebut dapat menjadi dasar penilaian apakah cicilan rumah Anda diterima atau tidak.

Ada empat komponen yang menjadi faktor penentu, apakah kredit rumah Anda disetujui atau tidak oleh perbankan, yaitu Anda harus memiliki penghasilan yang andal, nilai kredit yang layak, jumlah utang yang mudah diatur, serta beberapa tabungan.

Kendati masing-masing faktor memiliki persyaratan yang berbeda, secara umum yang menjadi pertimbangan pihak perbankan yaitu status kerja Anda sebagai karyawan minimal dua tahun, rasio utang yang sedikit, serta penghematan semaksimal mungkin.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X