Jasa Marga "Pecah Telur" Terbitkan Sekuritisasi Aset Tol Jagorawi

Kompas.com - 31/08/2017, 12:10 WIB
Pengalihan arus kendaraan di Tol Jagorawi, Senin (26/6/2017). Dokumentasi Jasa MargaPengalihan arus kendaraan di Tol Jagorawi, Senin (26/6/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menerbitkan produk sekuritisasi pertamanya, Kamis (31/8/2017).

Produk yang diberi nama KIK EBA Mandiri JSMR01 itu, merupakan salah inovasi yang dilakukan Jasa Marga dalam mencari alternatif pendanaan.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatkan, surat berharga yang diterbitkan Jasa Marga itu merupakan surat berharga pendapatan pada Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi).

"Sebagaimana kami sampaikan, ini adalah yang pertama kali. Ini adalah pecah telor," kata Wimboh di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Ia pun berharap langkah yang dilakukan Jasa Marga dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain, khususnya di sektor swasta.

Sementara itu, Corporate Secretary PT Jasa Marga (Persero) Tbk M Agus Setiawan menjelaskan, hak atas pendapatan yang disekuritisasi merupakan hak atas sebagian pendapatan ruas Tol Jagorawi.

Tol Jagorawi merupakann tol pertama di Indonesia dan juga sekaligus salah ruas tol yang paling mature yang dimiliki Jasa Marga.

"Pada produk sekuritisasi dimaksud, Jasa Marga selaku Originator transaksi juga akan bertindak sebagai Collection Manager, yang bertugas mengumpulkan pendapatan tol Jagorawi yang disekuritisasikan dan mendistribusikannya ke KIK EBA Mandiri JSMR01," kata Agus dalam keterangan tertulis.

"Kemudian KIK EBA Mandiri JSMR01 akan mendistribusikan imbal hasil dan pokok investasi kepada para Pemegang Unit Penyertaan (investor)," lanjut dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X