Kompas.com - 30/08/2017, 19:02 WIB
Taman kota seluas 100 hektar di kota baru Meikarta, Cikarang Taman kota seluas 100 hektar di kota baru Meikarta, Cikarang
|
EditorKurniasih Budi


KompasProperti - Cikarang yang terletak 34 km sebelah timur Jakarta dijuluki sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara. Kini, Cikarang yang terletak di Kabupaten Bekasi itu telah menjadi peluang besar bagi investor menanamkan modalnya.

Sebagai salah satu kawasan industri nasonal, nilai ekspor Cikarang mampu bersaing dengan Batam. Kawasan industri Cikarang memiliki 2.125 unit pabrik yang berasal dari 25 negara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cikarang menyumbang sebesar 34,46 persen penanaman modal asing (PMA) nasional, serta 22 hingga 45 persen volume ekspor nasional. Pada 2008, omzet kawasan industri ini mencapai 35 miliar dollar AS dan 70 persen di antaranya untuk pasar ekspor.

Saat ini, ada tujuh kawasan industri di Cikarang, yakni kawasan industri MM2100, Delta Silicon I, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II, dan Delta Silicon II. Kawasan industri di kota Delta Mas dan Delta Silicon II yang berada di bawah Lippo Group.

Keberadaan kawasan-kawasan industri tersebut secara tidak langsung memicu meningkatkan kebutuhan tempat tinggal yang aman serta strategis bagi ratusan ribu karyawan.

Baca: Lippo Kembangkan Meikarta Senilai Rp 278 Triliun

Tepat pada peringatan Kemerdekaan Indonesia pada Kamis (17/8/2017), Lippo Group menggelar grand launching Meikarta di MaxxBox Cikarang, Jalan Boulevard Utara kawasan Lippo Cikarang.

CEO Lippo Group James Riady diapit Presiden Kelompok Lippo Theo L Sambuaga, Komisaris Lippo Group Agum Gumelar, CEO Meikarta Ketut Budi Wijaya, dan pengamat ekonomi Didik J Rachbini usai memperkenalkan Meikarta, megaproyek seluas 500 hektar di Jakarta, Kamis (4/5/2017).Hilda B Alexander/Kompas.com CEO Lippo Group James Riady diapit Presiden Kelompok Lippo Theo L Sambuaga, Komisaris Lippo Group Agum Gumelar, CEO Meikarta Ketut Budi Wijaya, dan pengamat ekonomi Didik J Rachbini usai memperkenalkan Meikarta, megaproyek seluas 500 hektar di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Meikarta diharapkan menjadi solusi untuk mengurangi beban kota Jakarta dalam banyak aspek, seperti kepadatan lalu lintas, pergerakan manusia, tata ruang, dan sebagai pusat ekonomi baru.

Lahirnya kota baru tersebut diharapkan mampu mengurangi beban lalu lintas di Jakarta dan sekitarnya. Pemerintah bahkan bisa merelokasi kementerian atau lembaga ke Meikarta, menyusul mencuatnya kembali wacana pemindahan ibu kota ke luar Jakarta.

Dengan konsep kota baru, nantinya ada sebagian kegiatan yang dialihkan dari Jakarta ke Meikarta. Orang tidak akan bolak-balik menempuh jarak terlalu jauh karena bekerja. Sebab, Meikarta memiliki fasilitas yang lengkap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.