Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Rumah Pertama, Jangan Lupa Tiga Hal Ini

Kompas.com - 29/08/2017, 10:45 WIB
Dani Prabowo

Penulis

 

KompasProperti - Sulit untuk dipungkiri bila membeli rumah pertama merupakan hal yang sangat menarik bagi Anda.

Tak jarang, Anda terjebak dalam fantasi untuk mewujudkan rumah idaman, sehingga terkadang lupa pada fokus yang benar-benar Anda butuhkan.

Dikutip dari Apartmenttherapy, langit-langit rumah tinggi nan sejuk serta halaman luas, sebaiknya tidak menjadi pertimbangan utama dalam membeli rumah pertama.

Tiga faktor di bawah ini, penting untuk Anda ingat saat berburu rumah pertama. Hal ini guna memastikan bahwa Anda benar-benar mencari rumah yang paling sesuai.

1. Perjalanan

Sebelum menjadikan lingkungan sebagai alasan untuk membeli rumah pertama, perhatikan jarak perjalanan Anda. Berapa lama Anda menghabiskan waktu di atas kendaraan.

Perhatikan juga hal-hal penting lainnya, seperti menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman. Sebaiknya, fokus mencari rumah yang lokasinya cukup seimbang, yaitu antara jarak, harga, serta kualitas hidup Anda.

2. Potensi sewa atau jual kembali

Rumah pertama yang Anda beli, belum tentu akan selamanya ditempati. Entah karena alasan pindah kerja atau mengakomodasi pertumbuhan jumlah keluarga.

Dengan alasan demikian, carilah rumah dengan lokasi yang menarik. Pastikan, rumah yang hendak Anda beli berada di area yang bagus, dan jika memungkinkan dekat dengan fasilitas seperti toko, restoran atau transportasi umum.

3. Biaya perawatan

Saat berburu rumah, Anda harus berpikir realistis tentang biaya perawatan. Namun, ini juga tergantung pada kondisi awal saat rumah dibeli.

Jujur pada diri sendiri, apakah Anda dapat mengerjakan sendiri bila renovasi diperlukan. Apapun skenario yang Anda rencanakan, harus perhitungkan anggaran renovasi. Sebab, biaya yang diperlukan tidak sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com