Kompas.com - 28/08/2017, 16:02 WIB
Desa yang terkena abrasi hingga rumah-rumah tenggelam, di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Rabu (23/8/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahDesa yang terkena abrasi hingga rumah-rumah tenggelam, di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Rabu (23/8/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Cuaca di beberapa tempat saat ini kurang bersahabat. Sebut saja Pantai Teluk Texas dan Louisiana yang dilanda Badai Harvey.

Sementara di Jakarta dan sekitarnya juga dalam beberapa hari terakhir menghadapi hembusan angin kencang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Deru angin ini diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki kepecapatan setara 40-60 kilometer per jam.

BMKG bahkan juga mengimbau masyarakat berhati-hati karena tidak menutup kemungkinan papan reklame, baliho maupun pohon rindang roboh.

Datangnya bencana memang tidak dapat ditebak. Di bawah ini ada beberapa tip dan tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk tetap aman dan melindungi rumah Anda selama bencana alam.

1. Terus perbarui informasi

Badai dapat meningkat atau turun intensitasnya, jadi sebaiknya Anda terus melacak informasi ini.

Caranya bisa dengan mengikuti berita di media massa seperti koran, radio atau TV. Selain itu, Anda juga bisa memantau informasi dari BMKG.

Kemudian, jangan lupa periksa peringatan dari pemerintah kota atau sekitar Anda untuk pemberitahuan evakuasi.

Meski demikian, jangan mudah menerima mentah-mentah informasi di media sosial terutama dari orang yang tidak berwenang menyampaikan berita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.