Februari 2018, LRT Palembang Mulai Diuji Coba

Kompas.com - 25/08/2017, 17:19 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat mengunjungi Stasiun Jakabaring Light Rail Transit (LRT) Palembang, Rabu (24/5/2017). Arimbi RamadhianiMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat mengunjungi Stasiun Jakabaring Light Rail Transit (LRT) Palembang, Rabu (24/5/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Waskita Karya (Persero ) Tbk menargetkan pembangunan kereta ringan atau LRT Palembang mencapai 80 persen akhir tahun ini.

Direktur Operasi Waskita Karya Bambang Rianto mengaku target ini akan tercapai karena saat ini perkembangan fisik di lapangan berjalan lebih cepat.

"Februari, atau paling lama Maret 2018, kita sudah running track atau test run jalur," ujar Bambang kepada KompasProperti, Rabu (23/8/2017).

Nantinya, ketika uji coba jalur dilakukan, kereta-kereta dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) seharusnya juga sudah datang.

Kemudian, jika uji coba ini berhasil, maka 3 bulan setelahnya LRT Palembang siap beroperasi.

"Berarti Juni kita tinggal tunggu saja Asian Games," kata Bambang.

Selain pembangunan fisik, Waskita juga tengah menunggu pembebasan lahan 7 stasiun dari Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Prosesnya sendiri masih dalam tahap perizinan di Badan Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah (BPKAD) untuk persetujuan pemakaian lahan.

Adapun lahan ini dibutuhkan untuk pembangunan tangga penumpang dari bawah, karena stasiun dan rel kereta dibuat melayang.

Sementara itu, untuk mempercepat pekerjaan, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016.

Dalam Perpres tersebut, LRT Palembang menjadi salah satu proyek strategis nasional. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X