Kompas.com - 22/08/2017, 18:40 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Truk yang kelebihan muatan atau overload dilarang untuk masuk jalan tol.

Selain membahayakan pengendara truk itu sendiri, kelebihan muatan bisa mengancam keselamatan pengendara lainnya.

Untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan akibat truk kelebihan muatan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan penertiban selama 6 bulan sekali di sejumlah ruas tol.

"Kalau kita lihat dari tingkat kecelakaan, dia (pengendara truk) tidak pernah menabrak pengendara lain, tetapi ditabrak, iya," ujar General Manager Jasa Marga Cabang Cawang-Tangerang-Cengkareng, Bagus Cahya AB di kantornya, Kramatjati, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Ia mengatakan, selama ini kecelakaan yang sering terjadi adalah truk ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain. Pasalnya, truk yang kelebihan muatan berjalan dengan kecepatan di bawah ketentuan.

Kemudian, truk tersebut ditabrak dari belakang oleh para pengendara yang berjalan lebih cepat.

Hal berikutnya yang sering ditemukan petugas setelah kecelakaan terjadi adalah mobil mengalami kerusakan, baik rusak ringan sampai berat.

Sementara truk yang ditabrak tidak ada di lokasi kejadian atau dengan kata lain tetap melanjutkan perjalanan.

Pemeriksaan truk yang kelebihan muatan di Gerbang Tol Kapuk, Jakarta Utara, Selasa (22/8/2017).Arimbi Ramadhiani Pemeriksaan truk yang kelebihan muatan di Gerbang Tol Kapuk, Jakarta Utara, Selasa (22/8/2017).

"Saat petugas cek, truk sudah tidak ada, karena mereka tidak mau terlibat pemeriksaan. Fenomena tabrak belakang itu sering, karena beda kecepatan antara truk dan pengendara lain," jelas Bagus.

Tidak hanya ditabrak dari belakang, truk yang kelebihan muatan juga seringkali mengalami kecelakaan dengan terbalik di tengah atau di tepi jalan tol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.