Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Pameran Properti BTN 2017 Tembus Rp 8,36 Triliun

Kompas.com - 20/08/2017, 23:40 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mencatatkan potensi kredit baru sekitar Rp 8,36 triliun dalam gelaran pameran perumahan tahunan bertajuk "Indonesia Properti Expo (IPEX) 2017". 

Capaian tersebut melebihi target awal yang ditetapkan senilai Rp 5 triliun.

Managing Director Consumer Banking BTN Handayani mengatakan, potensi kredit baru yang terhimpun selama IPEX tersebut menunjukkan masih tingginya kebutuhan masyarakat akan hunian. 

"Ini membesarkan hati kita semua kalau di luar sana berbicara lesu properti, nyatanya 10 hari kita kumpulkan pengunjung lebih dari 250.000 orang di sini," ujar Handayani dalam Penutupan IPEX 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (20/8/2017).

Handayani yakin, dengan capaian transaksi pada IPEX kali ini akan menjadi pendorong Bank BTN mencapai target penyaluran kredit pada akhir 2017 nanti.

Terlebih lagi, hingga kini fasilitas KPR masih menjadi pilihan masyarakat untuk memiliki rumah. 

Data Bank Indonesia (BI) menyebutkan, sebagian besar konsumen atau sebanyak 75,54 persen masih memilih KPR sebagai fasilitas utama  dalam melakukan transaksi pembelian properti residensial. 

Handayani merinci, dari segmen konvensional, permohonan KPR dalam pameran tersebut yang terbesar berasal dari segmen KPR non-subsidi sekitar Rp 5,42 triliun. 

Sementara itu, prospek persetujuan KPR Subsidi mencapai sekitar Rp 921,37 miliar. 

BTN pun mencatatkan penambahan rekening konvensional baru mencapai lebih dari 10.000 rekening sepanjang pameran IPEX berlangsung. 

Permohonan kredit baru melalui skema syariah pun mencatatkan kinerja positif, atau mencapai sekitar Rp 2,02 triliun. 

Unit Usaha Syariah (UUS) BTN juga berhasil menambah sekitar 1.519 akun rekening baru dari ajang IPEX 2017. 

Dari ajang pameran tahunan ini, BTN juga mencatatkan pencapaian transaksi digital melalui BTN Properti sekitar Rp 56,3 miliar.

Dari transaksi selama IPEX 2017 kali ini, BTN mencatat hunian di wilayah Bogor dan Bekasi menjadi lokasi yang paling banyak diminati pengunjung pameran. 

Dari Kantor Cabang (KC) BTN di Bogor, misalnya. Kantor cabang ini mencatatkan nilai potensi KPR baru dari IPEX 2017 sekitar Rp 889,63 miliar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com