Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Rusun Stasiun Tanjung Barat Selengkap Apartemen

Kompas.com - 16/08/2017, 20:42 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Perum Perumnas mulai menggarap proyek rumah susun di Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Rusun ini menjadi salah proyek rusun transit oriented development (TOD) yang akan dibangun Perumnas dalam waktu dekat.

Rusun yang mulai dipasarkan pada September 2017 mendatang ini dilengkapi beragam fasilitas. Pertama, dari segi lokasi, rusun ini di area yang tadinya dijadikan lokasi parkir mobil Stasiun Tanjung Barat.

Artinya, begitu pemilik atau penghuni keluar dari unit, akan langsung menuju stasiun. Dengan demikian, penghuni tak lagi perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk mengakses jalur KRL.

Selain itu, dijelaskan Direktur Utama Perum Perumnas Bambang Triwibowo, rusun ini akan dilengkapi zona komersial, yang terdiri atas kios, food and beverage, serta modern dan tradisional ritel.

"Jadi orang yang turun, sebelum ke stasiun bisa mampir dulu untuk ngopi-ngopi sebelum berangkat. Atau sebelum pulang ke unit, begitu turun dari KRL bisa ngopi-ngopi juga," kata Bambang saat groundbreaking di lokasi, Selasa (15/8/2017).

Rusun ini juga dilengkapi parkiran seluas 4.186 meter persegi yang dapat digunakan untuk memarkirkan kendaraan roda empat maupun roda dua. Lokasi parkir tersebut akan diprioritaskan bagi penghuni.

"Sehingga, tidak hanya kebutuhan hunian yang akan terpenuhi, namun juga penciptaan nilai tambah perekonomian baru pada wilayah terebut akan terwujud," ujarnya.

Rusun Stasiun Tanjung Barat terdiri dari dua komposisi hunian, yaitu rusun sederhana milik (rusunami) dan apartemen sederhana milik (anami).

Untuk rusunami, jumlah yang ditawarkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terbatas 25 persen dari 1.232 unit.

Nilai investasi yang dikeluarkan untuk membangun rusun yang terdiri atas tiga tower ini mencapai Rp 705 miliar.

Adapun untuk harga yang ditawarkan bagi MBR, diperkirakan berada mulai dari kisaran Rp 200 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com