Kompas.com - 16/08/2017, 16:44 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

NUSA DUA, KompasProperti - Pemerintah China dikabarkan akan memberikan bantuan hibah kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk mendanai sejumlah proyek infrastruktur di Pulau Dewata.

Tidak tanggung-tanggung, nilai bantuan yang akan diberikan mencapai 100 juta renminbi atau setara dengan Rp 199 miliar.

Menurut Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, Bali sebelumnya tidak mendapatkan alokasi bantuan tersebut, melainkan hanya Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Belakangan, Pemprov Bali mengajukan permohonan kepada pemerintah pusat agar Bali diperhitungkan dalam mendapatkan bantuan tersebut.

"Pemerintah China memberikan block grant (hibah) sebesar 100 juta renminbi untuk melakukan studi kelayakan sekarang ini," kata dia saat melepas Gerak Jalan Sehat BUMN di Lapangan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Rabu (16/8/2017).

Studi yang bakal dilakukan, dijelaskan Sudikerta, diperuntukkan bagi enam proyek infrastruktur, yaitu pembangunan bandara di wilayah Bali utara, pembangunan kawasan pariwisata Buleleng, serta jalan tol yang menghubungkan wilayah timur ke barat dan utara ke selatan.

Selain itu, studi juga dilakukan untuk rencana pembangunan rel kereta api, pembangunan Stadion Internasional Ngurah Rai, serta penataan Pura Besakih.

"(Tadinya tidak ada alokasi) tapi karena saya minta ke Pak Menteri (Pariwisata), karena event internasional banyak dilakukan di Bali, sehingga saya minta untuk diperhatikan," kata dia.

Terkait rencana pembangunan jalan tol, Sudikerta menambahkan, jalan tol tersebut dirancang memiliki panjang 170 kilometer.

Kelak, jalan tol tersebut akan terbentang mulai dari Gilimanuk ke Padang Bai, Gatot Subroto ke Luwus, Pekutatan ke Seririt dan Bangli.

"Sekarang baru tahap DED (detail engineering design). Kita harapkan paling tidak lima tahun (proyek tol) selesai," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.