Kompas.com - 16/08/2017, 16:36 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

NUSA DUA, KompasProperti - Pembangunan wilayah di Pulau Bali dinilai masih belum merata. Di saat pembangunan jor-joran dilakukan di wilayah selatan, kawasan utara Pulau Dewata itu belum tersentuh maksimal.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat melepas Gerak Jalan Sehat BUMN di Lapangan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Nusa Dua, Rabu (16/8/2017).

Kegiatan yang diikuti ribuan masyarakat itu diselenggarakan tiga anak usaha BUMN, yaitu PT Jasa Marga (Persero), PT Surveyor Indonesia (Persero), dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

Menurut Sudikerta, pembangunan yang tidak merata berdampak terhadap sektor pariwisata.

"Ayo kita bawa (pembangunan) ke Bali utara, dari pada wisatawan kita setiap hari eksodus 5.000 ke pulau lain. Apa mau kita kehilangan seperti itu," kata Sudikerta.

Untuk meningkatkan minat wisatawan datang, saat ini telah direncanakan pembangunan bandara baru di wilayah Bali utara. Pembangunan tersebut menurut rencana akan menggandeng pihak swasta. 

Selain itu, juga akan dibangun jalan tol guna menunjang keberadaan kawasan pariwisata di wilayah utara.

Jalan tol yang dirancang memiliki panjang 170 kilometer itu, nantinya terbentang mulai dari Gilimanuk ke Padang Bai, Gatot Subroto ke Luwus, Pekutatan ke Seririt dan Bangli.

"Sehingga, jangkauan masyarakat untuk kerja bisa diakses dalam kurun waktu cepat. Kalau dulu berjam-jam, nanti bisa diakses dalam hitungan menit," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.