Rusun di Stasiun Tanjung Barat Akhirnya Dibangun

Kompas.com - 15/08/2017, 20:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, beserta Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau maket Rusun Stasiun Tanjung Barat, Selasa (15/8/2017). KOMPAS.com / DANI PRABOWOGubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat, beserta Menteri BUMN Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau maket Rusun Stasiun Tanjung Barat, Selasa (15/8/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pembangunan rumah susun dengan konsep transit oriented development yang terintegrasi dengan Stasiun Tanjung Barat, Jakarta Selatan, akhirnya dimulai.

Perum Perumnas yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia dalam pembangunan rusunami tersebut, rencananya akan membangun tiga menara di atas lahan seluas 15.244 meter persegi.

Menurut Direktur Utama Perum Perumnas, Bambang Triwibowo, bangunan rusunami ini akan memiliki 29 lantai dan terdiri atas 1.232 unit.

"Ini adalah proyek TOD pertama, dan kami juga sudah bekerjasama dengan PT KAI untuk membangun di (Stasiun) Pondok Cina," kata Bambang saat kegiatan groundbreaking di Stasiun Tanjung Barat, Selasa (15/8/2017).

Rusun ini, kata dia, memiliki komposisi hunian berupa rusunami dan anami. Dari 1.232 unit yang tersedia, 25 persen diantaranya diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Adapun untuk tipe hunian terdiri atas tiga tipe, yaitu tipe studio, tipe one bedroom, dan two bedroom.

Bambang pun berharap, keberadaan rusun ini dapat membantu mengurangi angka kebutuhan rumah atau backlog yang masih cukup tinggi.

Selain itu, rusun ini juga diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan kemacetan yang seringkali dihadapi masyarakat.

"Karena konsep TOD ini adalah suatu hunian yang diintegrasikan dengan kemudahan transportasi. Jadi kalau penghuni mau kemana-mana, dari sini ke Sudirman cukup 30 menit, dari sini ke Pondok Cina cukup 15 menit," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X