Kompas.com - 02/08/2017, 09:40 WIB
|
EditorHilda B Alexander

UNGARAN, KompasProperti - Bupati Semarang Mundjirin akan meminta diskon kepada PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Semarang-Solo, agar para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Semarang bisa membuka usaha di rest area ruas tol Bawen-Salatiga.

Mundjirin mengakui jika sewa ritel di rest area sangat tinggi sehingga sulit bagi UMKM untuk bisa membuka gerai di tempat tersebut.

"Ini kita sharing-lah, karena TMJ pun pernah kami bantu. TMJ-pun bayar PBB-nya minta diskon, jadi take and give-lah, bukan untuk pribadi tapi untuk masyarakat," kata Mundjirin, Rabu (2/8/2017) pagi.

Dia bersyukur pada saat Tol Bawen-Salatiga fungsional selama arus mudik dan balik Lebaran 2017, UMKM diberikan kesempatan untuk berjualan di rest area darurat.

Kedua titik rest area tersebut yakni di Kilometer 27 B di wilayah Bawen dan kilometer 49 A Kecamatan Pabelan.

Menjelang operasional Jalan Tol Bawen-Salatiga secara penuh, Mundjirin berharap UMKM kembali diberikan peluang untuk berjualan di rest area.

"Kemarin waktu Lebaran malah yang menyuruh berjualan juga dari TMJ. Sekarang sudah selesai Lebarannya, ya mudah-mudahan mereka (nantinya) diperbolehkan. Syukur-syukur nyewa tapi tidak mahal," ucap.

Jika permintaannya tersebut terealisasi, Mundjirin juga meminta kepada pelaku usaha UMKM agar bisa menjaga mutu, kualitas, pelayanan dan kontinuitasnya.

"Jadi kadang-kadang orang jualan itu, kalau pas ramai dia jualan, tapi kalau gak ramai, gak jualan. Akhirnya orang ndak ngerti," imbuhnya.

Untuk diketahui di sepanjang Jalan Tol Semarang-Salatiga telah tersedia tiga rest area, yakni di kilometer 22 A Ungaran, kilometer 27 B Bawen, dan kilometer 49 A Pabelan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.