Kompas.com - 02/08/2017, 06:18 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Inovasi terus dikembangkan Dubai guna mengukuhkan kota itu sebagai 'Smart City'. Salah inisiasi yang dilakukan yaitu dengan menciptakan 'Smart Palm' atau Pohon Kelapa Pintar.

Disebut pintar, lantaran pohon kelapa buah karya teknologi itu dilengkapi dengan kemampuan untuk memancarkan sinyal WiFi secara gratis, tempat pengisi daya, hingga pusat informasi bagi turis.

Seperti dikutip dari Designboom, Smart Palm kini banyak tumbuh di kawasan pantai kota tersebut.

Proyek Smart Palm dilengkapi dengan enam fungsi utama, yaitu WiFi hotspot yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan turis ketika berada di sekitar instalasi.

Selain itu, setiap unit Smart Palm juga dilengkapi fitur keamanan darurat, dimana terdapat kamera CCTV infra merah 360 derajat dan tombol darurat yang dapat diakses langsung.

Panel surya juga diletakkan pada masing-masing daunnya, sehingga memungkinkan Smart Palm untuk mengisi daya secara otonom.

Fitur layar sentuh dan aplikasi cerdas juga disematkan untuk menyajikan informasi seputar kota cerdas, situs web khusus hingga aplikasi mobile yang dapat diakses.

Lampu LED Smart Palm di Dubai yang menyala di malam hari.Designboom Lampu LED Smart Palm di Dubai yang menyala di malam hari.

Terdapat layar digital luar ruang yang berfungsi menyediakan tampilan pesan layanan masyarakat, informasi dari pemerintah, hingga iklan komersial.

Terakhir, pohon kelapa pintar itu juga dilengkapi dengan fasilitas tempat pengisian daya dan area tempat duduk. Fasilitas itu bahkan disebut dapat mengisi daya 2,5 kali lipat dari fasilitas umumnya.

Tak hanya dapat dimanfaatkan pada siang hari, di malam hari pun Smart Palm dapat dimanfaatkan turis dan masyarakat yang berada di sekitarnya.

Lampu LED berwarna hijau sengaja disematkan di atas 'daun', sehingga dapat bersinar terang di malam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.