Apartemen Millenium Anjlok 43 Cm, Pengembang Tuding Proyek Lain

Kompas.com - 31/07/2017, 09:28 WIB
Millenium Tower dezeenMillenium Tower
|
EditorHilda B Alexander

SAN FRANSISCO, KompasProperti - Menara Millenium di San Fransisco, California, Amerika Serikat, dilaporkan telah turun satu inci lagi, namun para insinyur menemukan potensi perbaikan.

Millenium Tower sekarang berada 43 sentimeter lebih rendah dari pada saat dibuka pada 2008. Penurunan yang jauh lebih dalam terjadi pada tujuh bulan terakhir.

"Prioritas tertinggi kami adalah memperbaiki bangunan," kata juru bicara Millenium Partners P J Johnston.

Ia menambahkan, Millenium Partners telah bekerja sama dengan asosiasi pemilik dan penghuni apartemen selama proses mediasi. Pengembang ini optimistis akan mencapai kesepakatan mengenai perbaikan tersebut.

"Untuk melakukannya, sangat penting bahwa kita menghormati kerahasiaan proses mediasi. Setiap solusi yang diusulkan sudah dimulai sampai kesepakatan tercapai," kata Johnston.

Arup Group baru-baru ini merilis sebuah laporan yang menunjukkan bahwa tingkat penurunan dan retakan terus berlanjut di bawah tanah.

Oleh karena itu, pengembang Millennium Partners telah menghubungi dua firma teknik untuk mencari solusi.

LERA dan DeSimone Consulting Engineers mengusulkan pengeboran antara 50 sampai 100 pondasi baru turun dari lantai bawah tanah ke batuan dasar di bawah 61 meter.

Perbaikan ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga 150 juta dollar AS (Rp 2,013 triliun). Adapun sebanyak 900 pondasi yang ada saat ini mencapai kedalaman hingga 28 meter.

Pengembang mengklaim, bangunan tersebut tetap aman, meski nilai apartemennya telah turun secara signifikan. Millenium juga menyebut perbaikan bisa dilakukan tanpa relokasi penghuni.

Halaman:


Sumber Dezeen
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X