Basuki: Pembangunan Infrastruktur Jor-joran untuk Hapus Kesenjangan

Kompas.com - 25/07/2017, 17:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017). KOMPAS.com/KURNIA SARI AZIZAMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, di kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/7/2017).
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah tengah menggenjot pembangunan infrastruktur di berbagai lini. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan antara daerah yang satu dengan daerah lainnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menampik pembangunan infrastruktur yang terkesan jor-joran untuk menunjukkan bahwa pemerintah ingin memiliki infrastruktur yang "mewah".

"Bahwa pembangunan infrastruktur yang kami lakukan saat ini, adalah bukan untuk mendapatkan luxurius infrastructure, melainkan menghilangkan kesenjangan yang ada," kata Basuki saat Indonesia Infrastructure Finance Forum di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Meski sudah cukup maksimal, Basuki mengakui, pembangunan infrastruktur yang dikerjakan pemerintah selama tiga tahun terakhir masih tertinggal bila dibandingkan dengan Malaysia.

Namun demikian, ia bersyukur, bila melihat peringkat pembangunan Indonesia. Merujuk data Indonesia Competitive Rank, saat ini Indonesia berada di posisi ke-60.

"Naik dibanding 2013 yang hanya (di posisi) 80," kata Basuki.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini ada sekitar 245 proyek strategis nasional yang dirancang pemerintah di tingkat nasional, dan daerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proyek-proyek tersebut membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, yaitu sekitar 500 miliar dollar AS atau sekitar Rp 6.650 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X