Gubernur Sumut Dipanggil Menko Maritim, Jelaskan Soal Danau Toba

Kompas.com - 22/07/2017, 10:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

MEDAN, KompasProperti - Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan memanggil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Erry Nuradi untuk meminta penjelasan soal perkembangan pembangunan infrastruktur di wilayah sekitar Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Sesampainya di Jakarta, Erry dan jajarannya langsung melakukan pertemuan tertutup selama satu jam lebih.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut berencana mengembangkan kawasan wisata bertaraf internasional di wilayah Danau Toba.

"Untuk itu butuh proses seperti perizinan Analisis Mengenai Danpak Lingkungan (Amdal) dan lainnya. Itu yang ditanyakan Pak Menko, bagaimana segala progresnya, kita sampaikan dan ikuti terus perkembangannya," tutur Erry, Jumat (21/7/2017).

Erry melanjutkan, untuk menyelesaikan izin Amdal, perlu waktu sekitar 100 hari. Sementara percepatan proses pembangunan Danau Toba bergantung pada kesiapan Badan Otoritas Danau Toba (BODT), yang saat ini tengah menyiapkan beberapa persyaratan.

Persiapan pembangunan infrastruktur, seperti Bandara Silangit sedang direncanakan menambah panjang landasan pacu (runway) untuk mendukung masuknya pesawat-pesawat berbadan besar.

"Sedang berjalan dan dikerjakan semuanya. Kapan selesainya, saya kurang tahu, pokoknya sudah kerja dan diharapkan selesai cepat," ucapnya.

Sementara untuk rencana pengembangan jalur kereta api Medan-Danau Toba, Erry mengatakan, sekarang pemerintah sedang membuat detail engineering design (DED) untuk ditawarkan kepada investor.

"Ada beberapa investor yang mau masuk tapi kita harus buat dulu DED-nya," pungkas Erry.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.