Kompas.com - 21/07/2017, 21:38 WIB
Ilustrasi taman nasional di Bengkulu KOMPAS.com/FirmansyahIlustrasi taman nasional di Bengkulu
|
EditorHilda B Alexander

BOGOR, KompasProperti - Memiliki jargon "Sejuk dan Nyaman" membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya bertekad untuk meraih predikat Green City dalam 5 tahun mendatang.

Saat ini, Pemkot tengah mempelajari dan mengupayakan aspek-aspek yang merepresentasikan Kota Hijau di Tasikmalaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami coba supaya Green City terwujud pada 2022," ujar Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tasikmalaya Agus Iwan kepada KompasProperti, Jumat (21/7/2017).

Ia mengatakan, terkait pengembangan kota untuk menjadi Kota Hijau, Pemkot sempat menemui kesulitan.

Pasalnya, pedoman Kota Hijau yang ada di Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berbeda.

Oleh sebab itu, Pemkot memutuskan untuk mengolaborasikan keduanya.

Salah upaya yang tengah dilakukan Pemkot Tasikmalaya adalah dengan menyediakan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

"Kami sediakan kawasan pertanian yang kalau di tempat lain banyak sawah-sawah beralih fungsi. Kalau kami dijaga betul," sebut Agus.

Saat ini, kata dia, ada 1.002 hektar lahan yang ditetapkan sebagai LP2B. Lahan tersebut pertahankan untuk menjaga ketersediaan pangan di masa depan.

Agus mengklaim, dibanding kota-kota lain, program ini baru dijalankan di Tasikmalaya. Untuk itu, ia berharap Tasikmalaya menjadi percontohan bagi kota lainnya dan turut menyiapkan LP2B.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.