Kompas.com - 21/07/2017, 08:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Perkembangan kawasan industri di Indonesia dinilai masih cukup menjanjikan.

Menurut Head of Research JLL James Taylor hal ini didorong oleh pertumbuhan pesat yang dialami perusahaan perdagangan berbasis internet atau e-commerce.

"Sejak 2 tahun lalu dan hingga kini, aktivitas logistik di Indonesia masih sangat jauh dibandingkan dengan Shanghai, China dan Singapura," ujar Head of Research Jones Lang LaSelle (JLL) James Taylor, di kantornya, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Dengan mempertimbangkan luas wilayah dan ekonomi yang terus bertumbuh, imbuh James, pasar pergudangan Indonesia memiliki potensi besar.

Permintaan gudang modern di kawasan industri ini berasal dari grup-grup yang bergerak di bidang e-commerce, contohnya Lazada.

Pusat Distribusi Lazada menjadi salah penyumbang pertumbuhan kawasan industri II-2017 dengan luas area sebesar 30.000 meter persegi.

"Berlokasi di Jalan Raya Bogor, proyek ini merupakan fase satu dari total pembangunan sebesar 60.000 meter persegi," kata James.

Ia menyebut Lazada sebagai perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia yang mendapat suntikan dana dari Alibaba, raksasa perdagangan berbasis internet dari China.

Menurut James, sudah menjadi rahasia umum Indonesia tampil sebagai arena pertarungan berbagai e-commerce asal China, karena selain Alibaba, JD.com pun mulai masuk.

"Besarnya populasi generasi muda dan masyarakat perkotaan yang melek internet, kemudian perkembangan infrastruktur di Indonesia mendorong pertumbuhan e-commerce," tutur James.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.