Penambahan Lajur Tol Tangerang-Merak Ditargetkan Selesai Akhir 2017

Kompas.com - 20/07/2017, 16:36 WIB
|
EditorHilda B Alexander

KARAWACI, KompasProperti - PT Marga Mandalasakti atau Astra Infra Toll Road melakukan peningkatan kualitas jalan dengan pelapisan ulang aspal dan penambahan lajur Tol Tangerang-Merak.

Pekerjaan penambahan lajur ke empat dimulai dari Bitung KM 26+400 hingga Cikupa KM 31+500.

"Penambahan ini dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 5,4 km dan direncanakan selesai pada Desember 2017," ujar Kepala Divisi Hukum dan Humas MMS Indah Permanasari di kantornya, Karawaci, Kamis (20/7/2017).

Indah mengatakan, pekerjaan ini juga selaras dengan penambahan lajur transaksi di Entrance Gerbang Tol Cikupa sebanyak 4 lajur transaksi yang kini sudah rampung.

Penambahan lajur tersebut merupakan antisipasi agar tidak ada kepadatan. Hal ini, mengingat pertumbuhan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak tercatat hampir mencapai 80 persen kendaraan dari kapasitas ruas jalan khususnya di wilayah Tangerang Barat-Cikupa.

Tak hanya pelebaran lajur, bentuk peningkatan jalan juga dilakukan dengan pelapisan ulang aspal (overlay).

"Pekerjaan ini sudah rampung dikerjakan di beberapa titik Ruas Tol Tangerang-Merak, dengan total pekerjaan sekitar 29 kilometer," kata Indah.

Dia berharap, pengguna akan lebih menikmati kenyamanan jalan yang lebih mulus dan rata saat berkendara melintas di Ruas Tol Tangerang-Merak.

Untuk membuat jalur menuju tol agar semakin lancar, beberapa akses tol telah direvitalisasi.

Akses tol yang telah rampung adalah Balaraja Barat. Sisanya seperti akses Serang Timur dan Cikupa masih dalam proses pembenahan.

Revitalisasi atau pembenahan akses juga salah satu upaya untuk mengintegrasikan antara jalan tol dan jalan nasional.

"Karena jika akses tolnya lancar tanpa hambatan, akan berpengaruh kepada lalu lintas di gerbang tol begitu juga jika sebaliknya," sebut Indah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.