Kompas.com - 15/07/2017, 11:01 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.
|
EditorHilda B Alexander

LHOKSEUMAWE, KompasProperti – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Aceh, mewajibkan pembangunan dua rumah layak huni tipe 36 untuk kaum duafa di setiap desa.

Kewajiban tersebut tertuang dalam surat edaran yang ditandatangani Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib untuk 852 desa di kabupaten tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekretaris Daerah Aceh Utara, Abdul Aziz, menyebutkan sumber dana pembangunan diambil dari alokasi dana desa.

Data aktual menunjukkan, kebutuhan rumah di seluruh desa mencapai 15.000 unit. Jika satu desa membangun dua rumah per tahun, maka dalam setahun Aceh Utara bisa membangun 1.704 rumah.

"Ini tahun pertama kami mulai menggunakan dana desa membangun rumah,” kata Abdul Aziz, kepada KompasProperti, Sabtu (15/7/2017).

Dia menyebutkan pembangunan rumah juga menggunakan APBD Aceh Utara. Namun dengan APBD, rumah yang bisa dibangun hanya 300 unit per tahun.

"Dengan menggunakan dana desa, diharapkan lima tahun persoalan rumah layak huni sudah teratasi,” kata Aziz.

Ada pun yang berhak mendapatkan tumah tersebut adalah mereka yang tetmasuk golongan kaum duafa.

"Mereka emiliki tanah sendiri, kami buatkan rumahnya. Ini masuk skala prioritas oleh kepala desa. Yang termiskin dulu yang dibangun,” pungkas Aziz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.