"Ypsilon", Rumah Prefabrikasi Berbentuk Huruf Y

Kompas.com - 14/07/2017, 11:09 WIB
Villa Ypsilon lassa-architects.comVilla Ypsilon
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti - Rumah musim panas ini secara harfiah menarik permukaan tanah membentuk huruf "Y". Rumah ini dibangun di atas bukit yang dikelilingi pohon zaitun yang menghadap Teluk Finikounda yang berkilauan di sekitarnya.

Villa Ypsilon terletak di desa pantai Messenia, yang berjarak sekitar satu setengah jam dari kota Kalamata.

Kediaman tersebut terinspirasi oleh bentuk huruf "Y" -atau ypsilon, seperti namanya dalam bahasa Yunani.

Arsitek Theo Sarantoglou Lalis dan Dora Sweijd dari LASSA Architects merancang sebuah beton exoskeleton untuk gaya dan bentuknya yang tidak biasa.

Lalis dan Sweijd memiliki sebagian besar komponen prefabrikasi dan dirakit sendiri di luar lokasi, yakni mesin CNC.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk melakukan eksperimen dan mengeksplorasi berbagai bentuk sambil merancang elemen struktur vila.

Elemen ini termasuk bekisting batuan beton, langit-langit akustik ruang keluarga, bingkai jendela khusus, perabotan interior, dan sistem partisi.

"Pendekatan 'hands-on' ini memungkinkan penggunaan produk komersial 'off-the-shelf' secara minimal, namun lebih menyukai material bersumber lokal seperti beton, terrazzo, dan marmer," kata arsitek tersebut.

Adapun bagian eksterior, atap hijau berfungsi sebagai perpanjangan permukaan tanah yang mudah diakses.

Sementara itu, interiornya dikelilingi oleh pemandangan paling menakjubkan dari bukit-bukit bergulir yang berliku-liku dan langit biru yang tak berujung.

Meski strukturnya mendapat inspirasi dari konsepnya yang sangat "Yunani", rumah itu justru sengaja dirancang tanpa melibatkan hal-hal yang terkait dengan rumah liburan asal Yunani.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X