Kompas.com - 07/07/2017, 21:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pemerintah menargetkan wilayah Jakarta-Surabaya akan terhubung Jalan Tol Trans-Jawa pada tahun 2018. Pada musim mudik dan balik Lebaran tahun ini, sebagian ruas telah dibuka secara fungsional atau sementara.

Tercatat, Tol Trans-Jawa yang dibuka fungsional sepanjang 337 kilometer, terbentang dari Brebes Timur-Weleri (110 kilometer) dan Semarang-Surabaya (227 kilometer).

"Tantangan tahun depan, tol darurat yang saat ini baru sampai Weleri, akan jadi tol sampai Semarang. Meski belum operasi, tapi sudah jadi," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat rapat evaluasi mudik 2017 di Kantor Staf Presiden (KSP), Kamis (6/7/2017).

"Dan Insya Allah tersambung sampai Surabaya," lanjut dia.

Secara rinci, Basuki menjelaskan, panjang Jalan Tol Brebes Timur-Semarang menjadi 146 kilometer.

Beberapa ruas yang saat ini telah dibuka ditargetkan sudah dapat dioperasikan. Sementara, untuk ruas Weleri-Ngaliyan dapat digunakan sementara.

Adapun Jalan Tol Semarang-Solo yang dirancang sepanjang 72 kilometer, ditargetkan sudah dapat beroperasi sepenuhnya mulai dari Semarang hingga Salatiga (40 kilometer).

Sedangkan untuk ruas Salatiga-Solo sepanjang 32 kilometer ditargetkan dapat digunakan sementara (fungsional).

Terakhir, Jalan Tol Solo-Surabaya sepanjang 258 kilometer juga akan terhubung. Beberapa ruas yang pada saat ini telah dibuka fungsional, akan meningkat statusnya menjadi operasional. Sementara, ruas lain yang belum dibuka, ditargetkan dapat dibuka sementara.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.