Kompas.com - 07/07/2017, 16:31 WIB
|
EditorHilda B Alexander

BAWEN, KompasProperti - Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng aglomerasi koridor I Semarang Tawang-Terminal Bawen yang mulai beroperasi, Jumat (7/7/2017) gratis selama tiga hari pertama (sebelumnya diberitakan gratis dua hari).

Hal ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat agar lebih familiar dengan kehadiran bus berwarna serba merah tersebut.

"Gratis sampai hari minggu (9/7/2017)," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat peluncuran BRT Trans Jateng di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang.

Ganjar mengatakan, kehadiran bus aglomerasi tersebut bertujuan untuk mendukung transportasi murah, cepat dan nyaman bagi masyakarat, terutama kalangan buruh dan pelajar.

Selama ini untuk dalam kota Semarang sendiri sudah ada layanan BRT Trans Semarang, sedangkan BRT Trans Jateng ini merupakan bus aglomerasi atau penghubung antar Kota/Kabupaten.

Menurut Ganjar, salah komponen yang dituntut oleh kalangan buruh selama ini adalah transportasi yang memadai.

"Memang ini janji saya waktu itu, memprioritaskan buruh dan pelajar, termasuk dulu ketika ada tuntutan, oh saya rumah kok sewanya mahal, maka dibuatkan banyak rusunawa-rusunawa," ujarnya.

BRT Trans Jateng merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dia berharap bus ini bisa dimanfaatkan oleh kalangan buruh. Selain tarifnya murah, BRT Koridor I Semarang-Tawang ini menempatkan sejumlah shelternya di kawasan industri.

"Kami harapkan ini bisa meringankan beban mereka. Lha kalau rumah sudah, kesehatan sudah, jaminan pendidikan untuk keluarga sudah, ini transportasinya hari ini mudah-mudahan bisa membantu. Nanti kita buka (koridor lainya) perbanyak lagi," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.