Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rancang "Master Plan" TOD, MRT Jakarta Gandeng Konsultan Dunia

Kompas.com - 06/07/2017, 05:21 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Upaya PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dalam mengembangkan kawasan berkonsep transit oriented development (TOD) tidak main-main.

Ada dua konsultan yang ditunjuk MRT Jakarta yakni konsultan kelas internasional dan dari dalam negeri untuk merancang rencana induk atau master plan.

"Sebulan ini kami sudah menunjuk konsultan untuk master plan. Konsultan ini Skidmore, Owings, and Merrill atau SOM yang basis utamanya di Chicago, Amerika Serikat," ujar Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono di Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Agung mengatakan, SOM sudah berpengalaman dalam merancang kawasan-kawasan terkenal di dunia, antara lain Burj Khalifa.

Adapun tim yang membantu untuk merancang kawasan MRT Jakarta, berbasis di Hongkong.

Tim tersebut, imbuh Agung, bekerja sama dengan konsultan dari Indonesia yang juga ditunjuk MRT, yakni PDW Architects.

"Kami ingin menggabungkan konsultan kelas dunia untuk diterapkan di sini, karena TOD yang real di Indonesia ini kan belum ada. Jadi kami buat world class," kata Agung.

Ia menambahkan, pada Kamis (6/7/217), jajaran direksi PT MRT Jakarta akan berdiskusi dengan Kementerian Perhubungan serta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk membicarakan konsep TOD tersebut.

Selajutnya, selain dengan pihak di atas, MRT Jakarta juga akan berdialog dengan sejumlah instansi, antara lain Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com